PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA DENGAN DISIPLIN SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Anggota Polres Pacitan)

Cahyadi, Lilik and Mustofa, Zaenal and Wikaningtyas, Suci Utami (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA DENGAN DISIPLIN SEBAGAI MEDIATOR (Studi pada Anggota Polres Pacitan). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162103383 LILIK CAHYADI.pdf

Download (543kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin. (2) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap disiplin. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan pelatihan secara simultan terhadap disiplin. (4) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja. (5) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja. (6) Untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kinerja. (7) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pelatihan dan disiplin secara simultan terhadap kinerja. (8) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja dengan disiplin sebagai mediator. (9) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja dengan disiplin sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah explanatory. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur. Dalam penelitian ini terdiri tiga variabel. Yakni variabel bebas (independent) kepemimpinan dan pelatihan, disiplin (mediasi) sedangkan yang terikat (dependent) kinerja Anggota Polres Pacitan. Populasi dalam ini adalah anggota Polres Pacitan sebanyak 341 anggota. Sampel penelitian ini mengambil sebesar 25% sehingga ditemukan sampel sebesar dari jumlah keseluruhan populasi adalah 85 anggota. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis interfensial serta akan dibantu dengan software SPSS 17 for Windows dengan mengikuti tata cara pengolahan SPSS. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan berpengaruh terhadap disiplin, artinya semakin baik kepemimpinan maka akan semakin tinggi disiplin.(2) Pelatihan berpengaruh terhadap disiplin, yang artinya semakin baik pelatihan maka akan semakin disiplin. (3) Kepemimpinan dan pelatihan secara simultan berpengaruh terhadap disiplin. Besar kontribusi variabel kepemimpinan dan pelatihan terhadap disiplin sebesar sebesar 26,4% sedangkan sisanya 73,6% disiplin dipengaruhi variabel lain diluar model. (4) kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja, artinya semakin baik kepemimpinan maka semakin tinggi pula kinerja. (5) Pelatihan tidak berpengaruh terhadap kinerja. Pelatihan yang baik saja ternyata belum mampu untuk selalu meningkatkan kinerja anggota, begitu juga pelatihan yang kurang baik belum tentu menjadi penghambat kinerja anggota. (6) Disiplin berpengaruh terhadap kinerja yang artinya semakin baik disiplin maka semakin tinggi kinerja. (7) Kepemimpinan, pelatihan dan disiplin secara simultan berpengaruh terhadap kinerja. Besar kontribusi variabel kepemimpinan, pelatihan dan disiplin terhadap kinerja sebesar sebesar 17,1% sedangkan sisanya 82,9% kinerja dipengaruhi variabel lain diluar model. (8) Kepemimpinan saat ini belum berpengaruh terhadap kinerja melalui disiplin. Hasil perhitungan menunjukkan pengaruh langsung lebih besar dari pengaruh tidak langsung, artinya disiplin belum mampu menjadi intervening untuk meningkatkan pengaruh pelatihan terhadap kinerja anggota.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:34
Last Modified: 13 Sep 2018 07:34
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item