ANALISIS GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PEKERJAAN PADA KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG MADIUN DALAM MENGHADAPI MASA PENSIUN

Saputra, Rhion Risky and Suprihanto, John and Akhmad, Jazuli (2018) ANALISIS GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PEKERJAAN PADA KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG MADIUN DALAM MENGHADAPI MASA PENSIUN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161403262 RHION RISKY SAPUTRA.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari terdapatnya beberapa karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madiun yang belum memiliki gambaran orientasi masa depan bidang pekerjaan yang jelas setelah karyawan tersebut pensiun. Meski beberapa karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madiun diantaranya sudah mampu menetapkan minatnya pada suatu jenis bidang pekerjaan di masa mendatang, tetapi sebagian dari mereka masih belum mampu membuat perencanaan yang terarah dan melakukan evaluasi yang tepat meski mereka sudah memiliki minat mengenai jenis pekerjaan yang ingin di jalaninya di masa pensiun. Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh data secara empiris dan menjelaskan lebih mendalam mengenai gambaran Orientasi Masa Depan bidang pekerjaan pada karyawan BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang madiun setelah karyawan tersebut pensiun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Orientasi Masa Depan yang dikemukakan oleh J.Erik Nurmi (1989, 1991). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif terhadap 28 responden, tehnik yang digunakan adalah total Sampling. Sedangkan alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini dimodifikasi berdasarkan teori orientasi masa depan dari J.E Nurmi (1989, 1991). Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas maka diperoleh skor validitas dimensi motivasi 0,942, perencanaan 0.910, evaluasi 0.817, dan reliabilitas sebesar 0, 960. Berdasarkan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa: Sebagian besar karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madiun memiliki gambaran orientasi masa depan bidang pekerjaan “tidak jelas” yaitu sebesar 82.14% karyawan, sedangkan karyawan yang memiliki gambaran orientasi masa depan bidang pekerjaan yang “jelas” yaitu sebesar 17.86% karyawan; Saran yang di berikan adalah perlu penataan dan perencanaan ulang mengenai Man Power Planning terhadap karyawan baik dari karyawan yang baru hingga karyawan yang memasuki masa persiapan pensiun dengan melakukan assesment terhadap gambaran orientasi masa depan bidang pekerjaan setelah pensiun. Kata Kunci : Orientasi masa depan, masa pensiun.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:18
Last Modified: 14 Sep 2018 08:18
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item