ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM KARTESIUS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. SARDJITO YOGYAKARTA

Sustiwati, Sustiwati and Hidayat, Anas and Zuraida, Lukia (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM KARTESIUS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. SARDJITO YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161103169 SUSTIWATI.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Dimensi kualitas pelayanan rawat inap kepada pasien RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menurut persepsi pasien atau keluarga pasien yang telah mempercayakan perawatan rawat inapnya di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Studi ini perlu dilakukan dalam rangka dapat memberikan manfaat sebagai sumbangan pemikiran kepada RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebagai penyedia layanan kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan rawat inap kepada pasien,memberikan pertimbangan bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan tentang perbaikan kinerja pelayanan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dengan dasar persepsi pasiennya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien rawat inap dengan menggunakan Diagram Kartesius di RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta, untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien rawat inap di RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta. Hasilnya kualitas pelayanan rawat inap di RSUP dr. Sardjito mendapat tanggapan pasien dengan rata-rata mengatakan puas dengan nilai rata-rata 3,24. Harapan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat inap di RSUP dr. Sardjito mendapat tanggapan pasien dengan rata-rata mengatakan sangat penting dengan nilai rata-rata 3,69. Kemudian gap yang terjadi antara persepsi pasien dan harapan terhadap kualitas pelayanan rawat inap di RSUP dr. Sardjito menunjukkan semuanya terjadi gap yang negatif. Terjadinya gap atau kesenjangan negatif yang menunjukkan kecilnya kualitas pelayanan rawat inap dibandingkan harapan masyarakat. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap di RSUP dr. Sardjito, berdasarkan Diagram Kartesius di atas adalah yang menjadi menjadi (1) Prioritas Utama adalah ketanggapan petugas dalam memberikan pelayanan, respon petugas menangani keluhan pasien, pemberian informasi kesehatan kepada pasien, kemudahan dalam pross rujukan, rumah sakit memberikan pelayanan yang adil, bangunan fisik rumah sakit, kelengkapan peralatan medis yang digunakan dan penampilan, kebersihan penampilan petugas; (2) Dipertahankan adalah pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kepada pasien, pelayanan dibangsal rumah sakit, pelayanan dibagian instalasi farmasi rumah sakit, keadaan peralatan medis yang digunakan, dan kondisi ruangan pelayanan/bangsal; (3) Prioritas Rendah adalah jaminan dan kepercayaan bila terjadi kesalahan hasil kinerja,sikap petugas mendengarkan keluhan pasien, rasa simpatik kepada pasien, komunikasi petugas dengan pasien; (4) Berlebihan adalah keandalan pelayanan dibagian pendaftaran pasien, standar pelayanan pasien rujukan, kesopanan petugas kesehatan kepada pasien, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, keyakinan dalam pengambilan suatu sampel darah. Kata Kunci : Kualitas, Diagram Kartesius

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:29
Last Modified: 14 Sep 2018 08:29
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item