Andani, Fifid Febri Ayu and Lantara, I Wayan Nuka and Akhmad, Jazuli (2018) ANALISIS KESIAPAN KARYAWAN BTPN KCP PACITAN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN LAYANAN JASA KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
161403339 FIFID FEBRI AYU ANDANI.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kesiapan karyawan BTPN KCP Pacitan dalam menghadapi perkembangan layanan lasa keuangan berbasis teknologi informasi (fintech), dan mengidentifikasi upaya BTPN KCP Pacitan dalam menghadapi perkembangan layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi (fintech). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpualan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode dilakukan untuk mendapatkan data yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahan datanya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan beberapa komponen terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan jasa keuangan berbasis teknologi mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam uang Berbasis Teknologi Informasi. Pada penelitian ini dianalisis dengan tiga indikator yaitu kondisi fisik mental emosional, kebutuhan atau motif tujuan, keterampilan dan pengetahuan yang menunjukkan bahwa mulai dari berlakunya sistem digitalisasi pelayanan di Bank BTPN KCP Pacitan belum optimal, dan setelah di pahami terdapat kebutuhan karyawan yang belum terpenuhi, yaitu pelatihan penggunaan sistem digital atau training. Dimana selama ini hanya sebatas memorandum yang di share secara online. Dengan demikian, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan BTPN KCP Pacitan dapat membuat karyawan BTPN KCP Pacitan lebih siap dalam menghadapai perkembangan layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi (fintech). Upaya yang dilakukan BTPN KCP Pacitan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan peningkatan mutu SDM pada Karyawan BTPN KCP Pacitan, pelatihan atau training untuk mengasah skill karyawan khususnya bidang teknologi informasi, meningkatkan akses informasi antar karyawan. Kata Kunci : Kesiapan karyawan, layanan jasa keuangan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 09:04 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 09:04 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |