ANALISIS KINERJA PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES)BERKAH ABADI UNIT BP-SPAM TIRTO ADEM DESA WONOGONDO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2015-2017

Susanto, Roni Asfar and Suud, Muhammad and Subkhan, Muhammad (2018) ANALISIS KINERJA PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES)BERKAH ABADI UNIT BP-SPAM TIRTO ADEM DESA WONOGONDO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2015-2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162103382 RONI ASFAR SUSANTO.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Abadi Unit Usaha BP-SPAM Tirto Adem Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan ditengah trend buruknya pelaksanaan BUMDes di Indonesia. Penelitian ini adalah deskriptif kualititatif dengan pendekatan Balanced Scorecard dikombinasikan dengan teori motivasi kebutuhan David McClelland. Parameter penelitian adalah perspektif kinerja keuangan, perspektif kinerja pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, kebutuhan pencapaian prestasi, kebutuhan afiliasi serta motivasi kebutuhan berkuasa. Metode pengambilan data primer dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Metode Analisis data menggunakan Program Statistik SPSS dengan teknik uji validitas data Pearson correlation taraf siginifikansi 0,05 pada variabel kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan, motivasi kebutuhan prestasi, motivasi kebutuhan afiliasi dan motivasi kebutuhan berkuasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BUMDes Berkah Abadi Desa Wonogondo unit BP-SPAM Tirto Adem yang dikombinasi dengan Teori Motivasi McClelland baik pada aspek Balanced Scorecard (Keuangan dan Non-Keuangan) adalah baik dengan skor 3,3. Sedangkan pada skor motivasi kebutuhan Pencapaian Prestasi mencapai nilai Cukup Baik (C) dengan skor 308, motivasi Kebutuhan Afiliasi mencapai nilai Baik (B) dengan skor 498 serta motivasi kebutuhan berkuasa mencapai nilai Sangat Baik (A) dengan skor 515 atau secara rerata mencapai skor 3,8. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa kinerja BUMDes Berkah Abadi Unit Usaha BP-SPAM Tirto Aden Desa Wonogondo telah berhasil dengan baik karena mampu mencapai Misi-Strategi yang dicanangkan, khususnya Ayat 1 dan 2 sehingga keberhasilan ini dapat dijadikan pembelajaran (Lesson Learned) bagi semua pihak yang membutuhkan. Kata kunci : Analisis, Kinerja, BUMDes, Balanced Scorecard, Teori Motivasi McClelland.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Sep 2018 05:11
Last Modified: 17 Sep 2018 05:11
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item