Suwardi, Suwardi and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) UPAYA PENINGKATAN PERANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK PROFESIONALISME GURU DI SMK PGRI DONOROJO KABUPATEN PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
161403327 SUWARDI.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh informasi tentang peranan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK PGRI Donorojo; dan (2) untuk memperoleh informasi tentang strategi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK PGRI Donorojo Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengetahui kualitas suatu hal, program, dan sebagainya yang telah atau sedang terjadi dengan cara membandingkan dengan suatu standar. Subyek penelitian adalah tenaga pendidik yang menjalankan tugasnya sebagai guru. Sampai dengan Februari 2018 berjumlah guru di SMK PGRI Donorojo 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan Focus Group Discussion. Teknik analisis data adalah diskriptif kualitatif dan Analisis SWOT. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Peranan supervisi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru telah diusahakan untuk mencapai hasil yang optimal. Beberapa hal yang berhubungan dengan supervisi di lokasi penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: a) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dilatarbelakangi oleh adanya kondisi dimana pada kalangan guru beberapa menemui kesulitan, cara mengajar yang konvensional, dan kurang penguasaan dalam penggunaan media pembelajaran yang telah ada, b) Lingkup atau bidang yang disupervisi adalah administrasi, sarana prasarana, materi pembelajaran dan teknik mengajar yang digunakan oleh guru di kelas, c) Supervisi dilakukan oleh kepala sekolah dengan dibantu oleh wakil kepala sekolah yang bertujuan untuk pembinaan meningkatkan profesionalisme guru secara menyeluruh melalui berbagai teknik supervise, d) Tujuan akhir yang diharapkan dapat dicapai dengan adanya supervisi adalah terciptanya proses kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan relevan melalui peningkatan kemampuan serta ketersediaan faktor penunjang. Pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SMK PGRI Donorojo dikategorikan Baik Sekali dengan capaian prosentase 82,94% dengan didasarkan dari capaian aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan; dan (2) Hasil analisis SWOT diketahui bahwa strategi supervisi yang perlu dilaksanakan oleh kepala SMK PGRI Donorojo Pacitan dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah menggunakan teknik menilai diri sendiri dan menggunakan teknik lokakarya.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 05:17 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 05:17 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/349 |
Actions (login required)
View Item |