STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DI BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017

Istanto, Tri Joko and Suprihanto, John and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2018) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DI BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
152203093 TRI JOKO ISTANTO.pdf

Download (657kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh bagian organisasi sekretariat daerah Kabupaten Gunungkidul terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu: pertama, permasalahan yang berasal dari internal organisasi dan kedua, permasalahan yang berasal dari eksternal organisasi. Metode penelitian menggunakan Metode penelitian deskriptif Penelitian ini dilakukan di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul pada bulan November 2017. Teknik analisis data menggunakan pendekatan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian, Selisih nilai IFAS menunjukkan kearah yang negatif dengan nilai sebesar -0,05. Sedangkan selisih nilai EFAS menunjukkan kearah yang positif dengan nilai sebesar 0,05. Maka dapat di tentukan posisi dari bagian organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul ada pada kuadran II. Adapun strategi untuk meningkatkan kinerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul adalah: sebagai berikut: (1) Berlakunya Perda no. 7 tahun 2016 dan Peraturan Bupati Gunungkidul No. 49 tahun 2016 merupakan landasan hukum yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh semua pegawai dalam rangka melaksanakan good governance untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang semakin baik. (2) Penetapan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja serta Kode Etik PNS Daerah harus mampu mendorong setiap pegawai untuk lebih profesional dalam bekerja sehingga target kinerja Bagian Organisasi akan tercapai secara maksimal karena masing-masing pegawai telah paham tentang apa yang harus dikerjakan. (3) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pekerjaan akan sangat membantu untuk mengatasi kekurangan pegawai, sehingga diharapkan semua pegawai di Bagian Organisasi untuk mampu memanfaatkan teknologi informasi. (4) Semangat good governance harus dipahami dan dilaksanakan oleh semua pegawai di Bagian Organisasi agar terus meningkatkan kompetensinya. (5) Sistem lelang jabatan dalam rangka meningkatkan karier pegawai akan meningkatkan motivasi setiap pegawai untuk berlomba-lomba meningkatkan kompetensinya. (6) Sistem penggajian dan pemberian tunjangan penghasilan yang semakin baik dengan didasarkan pada capaian kinerja masing-masing pegawai akan mendorong pegawai untuk bekerja secara maksimal. (7) Pembinaan berjenjang serta teladan dari pimpinan tentang perilaku yang baik kepada seluruh pegawai, baik dari segi disiplin, perkataan maupun perilaku. Pola hidup sederhana akan memberikan contoh kepada peagawai untuk tidak terseret pada perilaku konsumerisme. Pembinaan dengan cara kekeluargaan perlu terus dilaksanakan oleh pimpinan untuk memberikan motivasi dan arahan bagi para pegawai. (8) Peningkatan kompetensi bagi pegawai di Bagian Organisasi dengan cara mengikutsertakan pada bimbingan teknis (bintek) maupun pendidikan dan pelatihan (Diklat). (9) Pelaporan dengan system online maupun pemanfaatan teknologi informasi untuk menciptakan system atau aplikasi untuk mengatasi tuntutan pelaporan yang semakin cepat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Sep 2018 05:24
Last Modified: 17 Sep 2018 05:24
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item