UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMBELANG KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurhayati, Nurhayati and Putro, Khamim Zarkasih and Priyastiwi, Priyastiwi (2018) UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMBELANG KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161203200 NURHAYATI.pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Tembelang berdasarkan hasil pengamatan dan pantauan awal yang dilakukan menunjukkan bahwa belum semua guru mempunyai gelar sarjana sehingga hal ini mempengaruhi kemampuan dan kinerja guru, masih menjumpai guru yang mengajar belum membuat rencana pembelajaran (RPP), hanya menggunakan metode ceramah dan jarang sekali yang menggunakan alat bantu pelajaran, melaksanakan penilaian dan tindak lanjut belum menggunakan format administrasi guru kelas yang ada. Hal ini mendorong Sekolah Dasar Negeri Tembelang untuk berupaya meningkatkan kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar dengan berbagai cara, salah satunya dengan supervisi akademik, namun dengan adanya perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 banyak guru yang harus segera menyesuaikan dengan kurikulum baru tersebut. Tujuan Penelitian adalah untuk mengupayakan peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negeri Tembelang, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Metode Penelitian yang digunakan menggunaan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik. Hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik Sekolah Dasar Negeri Tembelang Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan sekolah (siklus 1) dan pembinaan oleh Kepala Sekolah sampai dengan siklus 2, nilai rata-rata kinerja guru adalah 74,1 menjadi 85,7. Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui supervisi akademik Sekolah Dasar Negeri Tembelang Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2017/2018 adalah dengan Pembinaan Kepala Sekolah, meningkatkan aktivitas dalam kegiatan pembinaan yang menunjang peningkatan kinerja guru seperti pelatihan, penataran, workshop, Kelompok Kerja Guru (KKG) yang bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga peningkatan kinerja guru dalam mengajar di sekolah dapat berjalan baik, dan dengan demikian peningkatan kinerja guru dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Kinerja, Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Sep 2018 05:32
Last Modified: 17 Sep 2018 05:32
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item