UJI BINOMIAL KESUKAAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI DAERAH BINAAN II KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Marsono, Marsono and Purwadi, Didik and Akhmad, Jazuli (2017) UJI BINOMIAL KESUKAAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI DAERAH BINAAN II KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
152103116 MARSONO.pdf

Download (379kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan ke¬giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.Terdapat 3 kesukaan guru dalam menyusun RPP di Dabin II Kecamatan Salaman yaitu:disusun secara individu,kelompok KKG, dan bantuan konsultan. Belum adanya kesamaan guru dalam menyusun RPP berpengaruh pada kualitas RPP yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kesukaan guru dalam penyusunan RPP.Metode yang digunakan untuk meningkatkan/ menjamin validitas data, peneliti menggunakan methode triangulation dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dianalisa mengenai perbedaan kesukaan guru menyusun RPP. Hasil yang diharapkan adalah semua guru dapat menyusun RPP secara individu, karena RPP yang disusun secara individu dapat dipahami oleh guru, sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan kondisi lingkungan proses pembelajaran. Penelitian bertempat di Dabin II UPT Disdikbud kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Subjek penelitian adalah 120 orang guru, objek penelitiannya adalah aktivitas kesukaan guru dalam menyusun RPP. Upaya untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP secara individu dilaksanakan dengan workshop penyusunan RPP. Terdapat peningkatan kemampuan guru menyusun RPP setelah dilaksanakan workshop, dengan kondidi awal nilai rata-rata 62,63 (Kurang) meningkat menjadi 80, 61 (Baik). Alternatif solusi yang dapat dilakukan pengawas agar guru mau dan mampu menyusun RPP sesuai standar,adalah rutin melaksanakanpertemuan dalam KKG,superviseakademik, danpendampinganpenyusunan RPP secara berkelanjutan. Kata Kunci : RPP, uji binomial, kesukaan guru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:35
Last Modified: 18 Sep 2018 06:35
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item