COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARRATIVE SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 28 PURWOREJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suharti, Suharti and Suud, Muhammad and Septiani, Irni (2017) COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARRATIVE SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 28 PURWOREJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151602951 SUHARTI.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap teks narrative setelah siswa memperoleh pembelajaran dengan cooperative learning tipe jigsaw melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 28 Purworejo kelas VIII A semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi peningkatan pemahaman terhadap teks narrative disertai dengan soal tes evaluasi yang terdiri dari 10 soal esei pada tiap siklus. Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan tindakan (planning), (2) Pelaksanaan (acting), dan (3) Observasi dan evaluasi serta refleksi dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas VIIIA terhadap teks narrative pada semester 2 SMP Negeri 28 Purworejo mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajran dengan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning model Jigsaw. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase peningkatan pemahaman belajar siswa terhadap teks narrative mengalami peningkatan dari 40,625% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 63.81 pada pra siklus menjadi 66,125 pada siklus I dan 90,66 pada siklus II. Kata Kunci : Cooperative Learning ,model Jigsaw , teks narrative

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:58
Last Modified: 19 Sep 2018 03:58
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item