EVALUASI KINERJA PETUGAS PEMUNGUT RETRIBUSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Winarno, Agus Sri and Wening, Nur and Subkhan, Muhammad (2017) EVALUASI KINERJA PETUGAS PEMUNGUT RETRIBUSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
152203091 AGUS SRI WINARNO.pdf

Download (416kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul merupakan bagian tugas Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam melaksanakan program dan kebijakan dibidang penyelenggaraan kepariwisataan di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu tugasnya adalah melaksanakan pemungutan dan pengelolaan retribusi sektor wisata di Kabupaten Gunungkidul. Untuk melaksanakan tugas tersebut diperlukan SDM dibidang pemungutan retribusi yang mempunyai kinerja baik dan berdisiplin tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan adalah dengan fungsi pengawasan. Salah satu bentuk pengawasan adalah dengan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja petugas pemungut retribusi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul sesuai dengan SOP Pemungutan Retribusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah petugas pemungut reribusi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi. Analisis data dengan menggunakan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja petugas pemungut retribusi belum sesuai dengan SOP pemungutan retribusi terutama pada: (1) keterlambatan masuk kerja, (2) belum dilaksanakan pencatatan jumlah dan nomor seri SKRD pada awal tugas setiap hari, (3) waktu pemungutan untuk sepeda motor, mobil dan bus melebihi standar waktu SOP serta (4) penyetoran hasil pemungutan tidak dilakukan setiap hari. Ketidaksesuaian tersebut disebabkan oleh: (1) kurang disiplinnya petugas pemungut retribusi dalam memenuhi ketentuan jam masuk kerja, (2) kurangnya sosialisasi dan bimbingan teknis tentang SOP pemungutan retribusi, (3) belum tersedianya personil yang bertugas khusus sebagai pemberi informasi pariwisata serta (4) jumlah hasil pungutan yang relatif kecil dan jarak yang jauh sehingga penyetoran hasil pemungutan tidak setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) penyediaan absen sidik jari bagi petugas pemungut retribusi untuk meningkatkan kedisiplinan jam masuk kerja, (2) penyelenggaraan sosialisasi, pelatihan dan bimbingan teknis tentang SOP pemungutan retribusi, (3) menyediakan petugas khusus pemberi informasi wisata di lokasi tempat pemungutan retribusi serta (4) penyetoran hasil pungutan retribusi melalui bank terdekat yang ditunjuk. Kata kunci: Kinerja, Pemungut Retribusi, Standar Operasional Prosedur

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:26
Last Modified: 19 Sep 2018 04:26
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item