PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK MATA PELAJARAN PELAYANAN PENJUALAN KELAS XI PEMASARAN 1 SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017

Djatmika, Djatmika and Suprihanto, John and Mathori, Muhammad (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK MATA PELAJARAN PELAYANAN PENJUALAN KELAS XI PEMASARAN 1 SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151603106 DJATMIKA.pdf

Download (428kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pembelajaran seharusnya sebagai sebuah proses belajar mengajar yang mengaktifkan peserta didik secara mental, membangun pengetahuan, yang dilandasi oleh struktur kognitif yang dimilikinya. Guru lebih berperan sebagai fasilitator dan mediator di dalam proses pembelajaran. Penekanan tentang belajar dan mengajar lebih berfokus terhadap suksesnya peserta didik mengorganisasikan pengalaman mereka melalui metode investigasi kelompok sebagai alternatif pembelajaran di kelas. Pengamatan pra siklus, ada beberapa peserta didik tidak memperhatikan dengan baik materi yang sedang guru sampaikan. sehingga dirasa perlu menggunakan metode yang dapat membangkitkan rasa senang peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada pra siklus terdapat dua puluh lima peserta didik yang mendapat hasil di bawah KKM SMK N 2 Purworejo, tujuh peserta didik lainnya mendapat hasil di atas KKM (76). Metode yang digunakan dan dirasa cocok untuk menyelesaikan permasalahan yang diresahkan oleh guru mata pelajaran pelayanan penjualan adalah metode Investigasi Kelompok. Rumusan permasalahan penelitian tindakan adalah apakah penerapan metode investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pelayanan penju secara profesional di kelas XI Pemasaran 1 SMK N 2 Purworejo? Penelitian tindakan bertujuan untuk meningkatan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar melaksanakan pelayanan penjualan secara profesional di kelas XI Pemasaran 1 SMK N 2 Purworejo. Indikator keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik dapat dikatakan berhasil, apabila peserta didik yang mempunyai nilai terhadap proses pembelajaran dengan metode investigasi kelompok dan peserta didik tuntas belajar sudah lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK N 2 Purworejo. Penelitian tindakan dilaksanakan dua siklus tindakan, siklus pertama dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Siklus kedua dilaksanakan empat kali pertemuan. Data penelitian tindakan diperoleh dari lembar observasi, lembar wawancara, dan tes.Setelah menggunakan metode Investigasi Kelompok. Tingkat ketuntasan hasil belajar siklus pertama sebesar 96,87% peserta didik telah tuntas belajar, dan 3,13% peserta didik tidak tuntas belajar. Pada siklus kedua . Hasil belajar peserta didik pada siklus kedua sebesar 93,75% peserta didik tuntas belajar, dan 6,2% peserta didik tidak tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melebihi indikator keberhasilan pada kompetensi dasar melaksanakan pelayanan penjualan secara professional kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 2 Purworejo. Kata kunci: Investigasi Kelompok,, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 20 Sep 2018 09:06
Last Modified: 20 Sep 2018 09:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item