Purwanto, Edi and Suprihanto, John and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) EVALUASI KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA ACCOUNT REPRESENTTIVE (AR) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
152303082 EDI PURWANTO.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Target penerimaan pajak yang dibebankan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta tahun 2014, 2015 dan 2016 selalu berubah. Dari target penerimaan pajak yang dibebankan pada KPP Pratama Yogyakarta beserta pencapaiannya dapat kita ketahui bahwa untuk realisasi penerimaan pajak selalu mengalami penurunan secara prosentase, yaitu tahun 2014 sebesar 93%, tahun 2015 sebanyak 87% dan tahun 2016 sebanyak 80%. Dari jumlah SDM yang dimiliki dari tahun 2014 sebanyak 109 pegawai, 2015 sebanyak 119 pegawai dan 2016 sebanyak 116 pegawai. Untuk tingkat kedisiplinan pegawai tahun 2014, 2015 dan 2016 mengalami penurunan dan peningkatan pelanggaran jam kerja, untuk tahun 2014 terjadi pelanggaran jam kerja sebanyak 721 kali, tahun 2015 terjadi pelanggaran jam kerja sebanyak 760 kali dan tahun 2016 terjadi pelanggaran jam kerja sebanyak 760 kali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas Account Representative (AR) di KPP Pratama Yogyakarta sesuai tugas AR yang tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 9/KMK.01/2006 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK.01/2015, dalam upaya mencapai target penerimaan pajak tahun 2017 di KPP Pratama Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif komparatif melalui wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan serta Account Representative senior di KPP Pratama Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Account Representative sudah melakukan pengawasan kepatuhan perpajakan Wajib Pajak sesuai SOPnya secara baik, Account Representative sudah melakukan bimbingan/himbauan dan konsultasi teknis perpajakan kepadaWajib Pajak secara cukup baik, Account Representative sudah melakukan penyusunan profil Wajib Pajak secara benar, Account Representative sudah melakukan analisis data Wajib Pajak/ merekonsiliasi data Wajib Pajak dalam rangka intensifikasi secara baik. Kualitas sumber daya manusia Account Representative (AR) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta dikatakan sudah baik. Kata Kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Account Representative (AR)
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 09:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 09:36 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/398 |
Actions (login required)
View Item |