Susanti, Puji and Sutikno, Bayu and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI MTs BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151602976 PUJI SUSANTI.pdf Download (460kB) | Preview |
Abstract
Seorang kepala madrasah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kompetensi guru merupakan perihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Oleh karena itu peran supervisi kepala madrasah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bisa lebih berkompeten sesuai dengan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu: kepala sekolah, yang dianggap memiliki kontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru di MTs Buluspesantren. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran supervisi kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di MTs Buluspesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Informan penelitian yaitu: kepala madrasah dan 20 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran supervisi kepala madrasah dalam peningkatkan kompetensi guru di MTs Buluspesantren adalah: a) Kepala madrasah sebagai supervisor, b) Sebagai evaluator, c) Sebagai educator. (2)Strategi kepala madrasah dalam peningkatkan kompetensi guru di MTs Buluspesantren adalah: a) Membangkitkan semangat kinerja para guru dengan cara menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, b) Kerja sama dengan lembaga lain dalam mengikutkan workshop dan pelatihan, c) Meningkatkan bahwa tugas guru bukan hanya transfer ilmu tapi juga transfer nilai, d)Bentuk motivasi adalah instrinsik dan ekstrinsik, e) Melakukan pengembangan dan pembimbingan terhadap para guru dengan cara mendatangkan tim ahli pada bidangnya untuk mengadakan pembinaan, f) Strategi member perintah sesuai dengan tupoksi dan strategi menegur, g) Strategi menerima saran dan strategi menciptakan disiplin kelompok. (3) Dampak strategi kepala madrasah dalam Peningkatan kompetensi guru di MTs Buluspesantren adalah: a)Selalu membuat perencanaan pembelajaran, b) Menggunakan metod pembelajaran yang bervariasi, c) Mewujudkan iklim kelas yang kondusif, d) Menggunaan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 09:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 09:13 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/400 |
Actions (login required)
View Item |