Ramiyana, Ramiyana and Hadipranata, Asip F. and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2017) PENINGKATAN KINERJA SDM PELAYANAN PAJAK DAERAH DI KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
152303086 RAMIYANA.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Di era reformasi ini seiring dengan karakteristik lingkungan organisasi yang terus mengalami perubahan, karena tuntutan perbaikan layanan publik, maka dibutuhkan peningkatan pelayanan pajak daerah yang dapat mendorong adanya semangat dalam melayani wajib pajak, sehingga wajib pajak harus diberikan kemudahan dalam pelayanan untuk membayar pajak daerah. Sehubungan dengan tersebut penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi peningkatan kinerja SDM pelayanan pajak daerah yang tepat di Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan metode descriptive analysis Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan, Kepala Bidang Penagihan danstaf di 2 Bidang Pendaftaran dan Penetapan dan Bidang Penagihan BKAD Kabupaten Bantul. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas kinerja SDM pelayanan pajak daerah di Kabupaten Bantul yaitu pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai dengan standar kerja dan beban kerja terlalu tinggi, pekerjaan sesuai dengan jam kerja, hasil kerja pegawai telah efektif, kualitas dan hasil kerja pegawai cukup baik, upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawai yaitu dengan bimbingan teknis, Diklat yang dilakukan pemerintah belum cukup meningkatkan kinerja pegawai, pegawai cukup teliti dan rapi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, pegawai selalu menyelesaikan pekerjaan dengan cukup cepat dan tepat waktu, pekerjaan yang anda berikan sesuai dengan tupoksi bawahan, pengetahuan pegawai tentang pekerjaan baik, pegawai sudah memahami tugas dan kewajiban masing-masing, pegawai dilingkungan anda selalu menyampaikan ide dan gagasan, anda selalu memberikan kesempatan pada para pegawai untuk memberikan gagasan dan ide pemikiran dalam memecahkan persoalan yang ada, wujud kerjasama antar pegawai dibidang anda baik, pegawai bisa bekerja dalam satu tim, pegawai mampu mengembangkan kerjasama yang hormonis dengan atasan, sesama rekan dan bawahan dengan baik, pegawai bekerja sama tidak hanya dalam kelompok/unit kerja di bidangnya saja, tingkat kehadiran pegawai di tempat sudah baik, usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin pegawai yaitu dengan pemberian tunjangan,pegawai memiliki inisiatif dan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan, tanggung jawab pegawai terhadap pekerjaannya cukup baik, keramahan pegawai dalam pelayanan cukup baik. Kesimpulan : Pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai dengan standar kerja namun beban kerja terlalu tinggi, Diklat yang dilakukan pemerintah belum cukup meningkatkan kinerja pegawai, pegawai cukup cepat dan cukup tepat waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, untuk lebih cepat dan tepat waktu perlu dioptimalkan Teknologi Informasi. Kata Kunci :Kinerja, sumber daya manusia, pelayanan pajak daerah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 09:19 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 09:19 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/401 |
Actions (login required)
View Item |