PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP ATOM, ION DAN MOLEKUL DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 28 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kadarwati, Sri and Suud, Muhammad and Septiani, Irni (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP ATOM, ION DAN MOLEKUL DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 28 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151602950 SRI KADARWATI.pdf

Download (426kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Belajar adalah “Pengalaman terencana yang membawa perubahan tingkah laku” sehingga tugas dan peran guru bukan lagi sebagai pemberi informasi (transfer of knowledge) tetapi sebagai pendorong siswa belajar (simultan of learning) agar dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan. Semua perubahan tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki mutu pendidikan, baik dari segi proses maupun hasil pendidikan. Fenomena yang terjadi di sekolah siswa tidak antusias dan belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang diikuti dengan prestasi hasil belajar yang tidak mencapai standar batas ketuntasan belajar. Sehingga guru perlu untuk melakukan upaya kegiatan yang menumbuhkan dan mendorong aktifnya siswa. Sehingga Ilmu Pengetahuan Alam menjadi mata pelajaran yang menarik dan terjadi peningkatan hasil belajar. Inilah yang mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 28 Purworejo pada kelas VIII A tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share pada konsep atom, ion dan molekul Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari siklus ke siklus. Sebelum diadakan penelitian hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 63,75 dengan ketuntasan belajar klasikal 56.3%, sedangkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 75,0%, hingga pada siklus II memperoleh rata-rata nilai sebesar 77,5 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,6%. Sehingga model pembelajaran Think Pair and Share dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam merencanakan strategi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Think Pair and Share.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:54
Last Modified: 21 Sep 2018 09:54
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item