MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN 2017

Sunaryo, Sunaryo and Suud, Muhammad and Septiani, Irni (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN 2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151602952 SUNARYO.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pembelajaran speaking di kelas X pada semester II berfokus pada teks descriptive dan procedure. Explorasi kompetensi peserta didik pada pembelajaran speaking dilakukan dengan memberikan bekal kosa kata, struktur dan cara-cara membaca serta memahami arti pada teks descriptive. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo dengan model pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), khususnya kelas X-4 dengan harapan mampu berbicara dan mencapai nilai diatas KKM minimal 80%. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Purworejo. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas X-4 Sekolah Menengah Atas Negeri 11 sebanyak 30 siswa, jumlah siswa laki-laki 10 dan siswa perempuan 20. Obyek penelitian ini adalah Kemampuan Speaking dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning bagi siswa SMA Negeri 11 Purworejo. Penelitian dilaksanakan selama lima bulan dimulai pada bulan Januari sampai bulan Juni. Rencana penelitian yang akan dilakukan dalam menggunakan pendekatan CTL untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Tindakan, pelaksanaannya direncanakan dengan 2 kali siklus dan setiap siklusnya menggunakan waktu 2 kali pertemuan.. Berdasarkan data hasil penelitian dapat diketahui adanya peningkatan proses yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata 69,17 dan yang tuntas 11 siswa dari 30 peserta didik (36,67%), pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 72,17 dan yang tuntas meningkat menjadi 14 peserta didik (46,67%), dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,83 yang tuntas menjadi 28 siswa atau meningkat menjadi 93,33%, sehingga peningkatan 46,66% untuk ketuntasannya. Sedangkan rata-rata hasil pengamatan terhadap aspek afektif dan psikomotorik siswa meningkat, yaitu afektif dari 76 pada siklus I menjadi 84 pada siklus II dan psikomotorik dari 77 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Begitu juga pengamatan pada aktivitas guru persentase tertinggi dari rata-rata hasil pengamatan 18,51 % dalam katagori baik sekali, 70,387% aspek-aspek proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru berkategori baik, dan 11,11% dikatagorikan cukup. Artinya bahwa penampilan mengajar guru dari siklus I ada perubahan positif pada siklus II dan dapat dikatagorikan baik berdasarkan aspek-aspek dalam perencanaan pembelajaran, kegiatan utama, dan pemantapannya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:56
Last Modified: 25 Sep 2018 07:56
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item