PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 PURWOREJO

Widiyani, Neneng and Suprihanto, John and Nugraheni, Agusta Ika Prihanti (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 PURWOREJO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402730 NENENG WIDIYANI.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Model pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa pada suatu pokok bahasan tertentu. Di SMP Negeri 38 Purworejo masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami matematika, sehingga nilai rata-rata ulangan harian masih di bawah 69, termasuk dalam pokok bahasan SPLDV. Adapun data tentang rata-rata hasil belajar siswa pada pokok bahasan SPLDV untuk tahun 2015/2016 adalah 60,37. Di samping itu, dalam proses pembelajaran dan kerjasama antar siswa satu dengan yang lain juga belum baik, maka perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kerja sama yang salah satunya adalah Model Pembelajaran Cooperative Learning type STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta aktivitas siswa kelas VIII D SMP Negeri 38 Purworejo melalui implementasi model pembelajaran cooperative learning type STAD pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktifitas siswa yang diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukan rata-rata hasil belajar siswa 68,75 dengan persentasi ketuntasan 71% aktivitas siswa dengan nilai 2,14 pada pertemuan 1 dan 2,21 pada pertemuan 2. Sedangkan kemampuan guru pada siklus 1 pertemuan 1 dengan nilai 2,11 dan 2,44 pada pertemuan 2. Hasil penelitian pada siklus 2 diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 73,75 dan persentasi ketuntasan 86%. Sudah memenuhi indikator kinerja dengan nilai rata-rata siswa lebih dari 69 dan persentasi ketuntasan siswa 75%. Aktivitas siswa dengan nilai 2,57 pada pertemuan 1 dan 3,14 pada pertemuan 2 dan kemampuan guru dengan nilai 2,88 pada pertemuan 1 dan 3,11 pada pertemuan 2. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 38 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan SPLDV. Saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran Cooperative type STAD dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), Cooperative Learning type STAD

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:12
Last Modified: 26 Sep 2018 03:12
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item