Sukantar, Sukantar and Wening, Nur and Suhartono, Suhartono (2017) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
152303101 SUKANTAR.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana tercantum pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945 dibutuhkan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendapatkan mandat untuk melaksanakan tugas pelayanan public, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan tertentu. Untuk menjalankan tugas tersebut Pegawai ASN harus memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang baik dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasar hasil penilaian prestasi kerja ternyata kinerja Pegawai ASN Kecamatan Muntilan belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis data kondisi kinerja dan merumuskan strategi peningkatan Pegawai ASN sebagai upaya peningkatan kinerja Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan terhadap Pegawai ASN pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kecamatan Muntilan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber informasi adalah Pegawai ASN Kecamatan Muntilan sebanyak 17 orang, yang terdiri 2 orang pejabat structural eselon III, 5 orang pejabat structural eselon IV dan 10 orang pejabat fungsional umum (staf). Teknik analisa data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats Analysis), untuk mengetahui faktor-faktor baik fakor internal maupun faktor eksternal, selanjutnya ditentukan formulasi strategi dalam peningkatan kinerja Pegawai ASN Kecamatan Muntilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya 3 prioritas rumusan strategi yang perlu dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kinerja Pegawai ASN Kecamatan Muntilan, yaitu: (1) meningkatkan komunikasi intern SDM dan budaya organisasi yang didukung kapabilitas dan gaya kepemimpinan yang demokratis untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang prima, (2) menciptakan kondisi lingkungan kerja yang baik untuk mendukung kinerja organisasi, dan (3) meningkatkan kompetensi SDM dengan dukungan teknologi informasi yang komprehensif dan online untuk mewujudkan birokrasi yang profesional. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan OPD Kecamatan Muntilan melakukan: (1) menciptakan iklim komunikasi organisasi yang positif, kondusif dan efektif, (2) mewujudkan koordinasi yang baik, (3) penataan lingkungan fisik organisasi yang bersih, rapi, indah dan nyaman, (4) melaksanakan pembiasaan yang bernuansa moral dan akhlak, (5) menciptakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan, (6) bimbingan secara berkesinambungan, (7) inventarisasi dan mengirimkan pegawai ASN pada pendidikan formal, diklat dan non diklat, serta (8) melaksanakan upaya pengembangan karier pegawai ASN. Kata kunci: penilaian prestasi kerja, strategi peningkatan kinerja, pegawai aparatur sipil negara
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 03:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:31 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
View Item |