Purwanto, Edi and Suud, Muhammad and Subkhan, Muhammad (2017) ANALISIS KINERJA PEGAWAI BAGIAN PENYELENGGARA SYARIAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
152303072 EDI PURWANTO.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai bagian Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul tahun 2017. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Seksi Penyelenggara Syariah dan 3 pegawai Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa hasil wawancara, hasil pengamatan, dan dokumentasi. Penilaian kinerja pegawai dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang penilaian pelaksanaan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil. Unsur-unsur yang dinilai dalam melaksanakan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai : 1) Kesetiaan, 2) Prestasi kerja, 3) tanggung jawab, 4) ketaatan, 5) kejujuran, 6) kerjasama, 7) prakarsa dan kepemimpinan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Uji keabsahan kredibilitas menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) pegawai berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu, namun masih terdapat kendala sehingga pekerjaan tidak dapat terlesaikan tepat waktu. Kendala tersebut diantaranya keterbatasan sarana dan jumlah pertugas yang terbatas untuk melakukan kerja sama, tugas ke luar kota atau mengikuti rapat, sehingga pekerjaan yang harus selesai hari itu harus tertunda. (2) Pegawai berusaha menyesuaikan jam kerja yang diberikan oleh instansi. Kepada pegawai yang terlambat maka diberikan sanksi administratif berupa potongan tunjangan dan jika dalam 1 tahun melebihi 5 kali keterlambatan maka diberikan surat peringatan dari instansi. (3) Pegawai berusaha selalu aktif masuk kerja untuk menunjukkan kinerjanya dalam bekerja. Pegawai berusaha memenuhi kehadiran dan selalu mengusakan untuk hadir kerja. (4) Pegawai melakukan kerjasama antara pegawai dalam menyelesaikan tugas kerja. Pimpinan yang selalu melakukan kerja sama dengan pegawai yang lain untuk menyelesaikan tugas, sehingga kerjaan lebih cepata terselesaikan. Kata kunci: kinerja, pegawai, bagian Penyelenggara Syariah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 03:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:42 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/437 |
Actions (login required)
View Item |