Kurniawan, Arief and Halim, Abdul and Widiastuti, Nur (2017) KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PACITAN (Studi Kasus Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151202853 ARIEF KURNIAWAN.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengambil topik tentang kinerja pelayanan publik pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan dengan studi kasus proses pelayanan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja pelayanan publik serta upaya dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan. Penulis memiliki asumsi kinerja pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor dan faktor-faktor tersebut dikedepankan menjadi variabel pengaruh (independent), meliputi aparat pelaksanan layanan, dan iklim organisasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang dikumpulkan dari data primer dan data sekunder kemudian dianalisa secara kualitatis. Setelah dilakukan penganalisaan dapat diketahui bahwa kinerja pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupetan Pacitan masih belum optimal dan belum sesuai dengan keinginan masyarakat secara ideal. Masih terdapat kekurangan yang dapat dilihat dari variabel aparat pelaksana layanan dan iklim organisassi Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan. Dari variabel aparat pelaksana, yang dilihat dari dimensi komitmen moral aparat dan konflik kepentingan yang melibatkan aparat. Masih kurang maksimalnya komitmen moral aparat pelaksana kegiatan pelayanan dan terdapatnya berbagai konflik kepentingan yang melibatkan aparat, sebagai akibat dari kurangnya sarana dan sumber daya dan kelengkapan persyaratan dalam pengurusan sertifikat tanah, sangat mempengaruhi buruknya kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kabuparten Pacitan. Untuk itu kedepan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, maka pimpinan harus lebih meningkatkan motivasi kerja bawahannya agar lebih menunjukkan loyalitas dan dedikasi dalam melaksanakan tugasnya. Dengan cara melarang petugas/pegawai yang tgerlibat dalam pelayanan pertanahan menerima apapun dari masyarakat/pemohon, dan menindak tegas oknum aparat yang terang-terangan melanggarnya. Dengan demikian aparat dapat terhindar dari praktek kolusi dalam proses kegiatan pelayanan sertifikat pertanahan. Sehingga diharapkan Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan yang dikenal sebagai perantara/calo dapat mengubah citranya menjadi Kantor Pertanahan yang bersih dan mengutamakan kinerja pelayanannya. Kata Kunci : Kinerja Pelayanan, Aparat, Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 08:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 08:50 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |