Bartono, Bartono and Widayat, Wahyu and Sofiati, Sofiati (2017) UPAYA MENINGKATKAN NILAI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SESUAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KALIBEBER MULAI TAHUN PELAJARAN 2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151302819 BARTONO.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing di Indonesia, sehingga untuk belajar bahasa Inggris tidaklah semudah belajar bahasa nasional (bahasa Indonesia). Belajar bahasa Inggris perlu dilakukan dengan tekun dan motivasi belajar yang tinggi maka akan mudah dikuasai. Apalagi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat digunakan untuk menyerap dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa lain, Data perolehan nilai ujian akhir seemster di Madrasah Aliyah Negeri Kalibeber dalam 3 tahun terakhir belum menunjukkan hasil yang optimal. Ujian akhir semester tahun pelajaran 2013/2014 memperoleh rata-rata 55, tahun pelajaran 2014/2015 memperoleh rata-rata 57, tahun pelajaran 2015/2016 memperoleh rata-rata 60. Oleh karena itu tujuan penelitian dalam tesis ini adalah menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan perolehan nilai ujian sesuai kriteria ketuntasan minimal di Madrasah Aliyah Negeri agar mulai tahun 2017 bisa meningkat. Setelah dilakukan analisis dengan matriks SWOT maka strategi yang tepat untuk meningkatkan perolehan nilai ujian sesuai kriteria ketuntasan minimal di Madrasah Aliyah Negeri agar tahun 2017 bisa meningkat adalah strategi WO (Weaknesses-Opportunity). Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Upaya untuk mencapai strategi WO tersebut antara lain: 1. Meningkatkan sistem penerimaan input peserta didik baru dengan akses madrasah yang mudah dengan system online. Serta melakukan tes potensi akademik bagi peserta didik baru. 2. Meminimalisir kondisi ekonomi orang tua/ wali peserta didik yang lemah dengan penggunaan dana BOS dan BSM dan program beasiswa berprestasi 3. Tingkatkan motivasi peserta didik untuk memperoleh pendidikan ilmu agama dan umum, pembinaan dari wali kelas dan Bimbingan Konseling (BK). 4. Rendahnya tingkat kepedulian orang tua peserta didik terhadap kegiatan belajar anaknya selama di rumah dapat diatasi dengan melakukan komunikasi yang efektif . Memberikan no Hp wali kelas kepada orang tua siswa 5. Mengoptimalkan semua guru dalam menerapkan pembelajaran secara PAIKEM untuk menghasilkan mutu kompetensi yang baik dengan mengadakan MGMP dan pelatihan-pelatihan. 6. Melengkapi buku referensi mata pelajaran bahasa Inggris untuk menghasilkan kompetensi yang berkualitas dengan menyesuaikan rasio jumlah buku, antara jumlah siswa sesuai dengan jumlah buku. jumlah buku pegangan guru sesuai dengan jumlah guru pengampu baik membeli dari percetakan, bantuan dari pemerintah dan penggadaan buku oleh pihak madrasah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 09:15 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:01 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/450 |
Actions (login required)
View Item |