Wiharti, Indah and Halim, Abdul and Subkhan, Muhammad (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TENTANG POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA BAGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 TEMANGGUNG PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151402858 INDAH WIHARTI.pdf Download (758kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Subyek penelitian adalah Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Temanggung pada semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa 32 orang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 laki laki. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi guru untuk mengadakan penelitian yang lain dan menjadi motivasi bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa dalam bentuk nilai hasil belajar. Sedangkan teknik non tes peneliti menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan merekam aktifitas siswa dalam pembelajaran serta untuk mengetahui kemajuan proses pembelajaran. Hasil analisis data proses pembelajaran dari kondisi awal, siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan ke arah lebih baik. Motivasi belajar siswa pada kondisi awal hanya ada 2 siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, siklus 1 meningkat menjadi 15 siswa, dan diakhir siklus 2 meningkat menjadi 28 siswa. Sedangkan hasil penilaian pengetahuan, rata-rata nilai ulangan harian meningkat dari 68 pada kondisi awal menjadi rata-rata 77 pada siklus 1 dan 85 diakhir siklus 2, demikian juga untuk ketuntasan belajar pada kondisi awal jumlah siswa yang tidak tuntas belajar 22 siswa, pada siklus 1 turun menjadi 16 siswa, dan diakhir siklus 2 turun menjadi 4 siswa. Adapun data ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal baru mencapai 31,25%, siklus 1 meningkat menjadi 50%, dan di akhir siklus 2 telah mencapai 87,5%. Sedangkan hasil penilaian keterampilan, pada kondisi awal tidak ada siswa sangat terampil dalam mengomunikasikan hasil diskusi, pada akhir siklus 1 meningkat menjadi 6 siswa, dan diakhir siklus 2 meningkat menjadi 12 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan motivasi dan hasil belajar baik pengetahuan maupun keterampilan meningkat setelah guru menerapkan strategi pembelajaran e-learning. Kata kunci : Motivasi , Hasil Belajar IPS , Pembelajaran E-learning
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 09:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 09:46 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
View Item |