PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sunarto, Sunarto and Wening, Nur and Subkhan, Muhammad (2017) PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151503009 SUNARTO.pdf

Download (353kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

SDN 1 Kemudo terlihat masih kurang berhasilnya guru dalam menyajikan materi lompat jauh terlihat dari kemampuan gerak siswa yang masih rendah, sehingga nilai yang diperoleh masih rendah pula. Selain hasil pembelajaran yang masih rendah, dalam pembelajaran lompat jauh banyak terjadi kesalahan yang dilakukan siswa antara lain pada saat melakukan awalan, tolakan maupun pendaratan. Peneliti mencoba dengan alat bantu lain yang efektif dan efisien yaitu modifikasi peti lompat dengan harapan agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, tidak merasa bosan melakukan gerakan berulang-ulang, sehingga hasil pembelajaran akan meningkat, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk peningkatan nilai hasil belajar lompat jauh dengan media modifikasi peti lompat pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Kemudo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan penting dalam penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa pada data awal dengan persentase ketuntasan sebesar 64,69%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu persentase ketuntasan sebesar 71,97%. Kemudian terjadi peningkatan lagi nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu persentase ketuntasan sebesar 78,13%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu peti lompat berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas sambil mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Hasil penelitian yang diperoleh ini mempunyai implikasi bagi perkembangan pola pengajaran pendidikan jasmani di SD pada umumnya dan SDN 1 Kemudo pada khususnya. Guru pendidikan jasmani sekolah dasar dapat menerapkan alat bantu peti lompat untuk proses pembelajaran hasil belajar lompat jauh. Kata kunci : Lompat Jauh, Media Modifikasi Peti Lompat

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:06
Last Modified: 02 Oct 2018 04:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item