UPAYA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS V SDN NEGERI 2 PRAMBANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suhartini, Tri and Wening, Nur and Subkhan, Muhammad (2017) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS V SDN NEGERI 2 PRAMBANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502886 TRI SUHARTINI.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Hasil prestasi akademis peserta didik SD Negeri 2 Prambanan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten masil perlu ditingkatkan karena dirasa metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih ada yang kurang pas kadang membuat peserta didik menjadi kurang memahami, dalam pembelajaran, peserta didik memerlukan model dan metode pembelajaran yang mampu menarik dan mudah untuk memahami materi belajar yang diajarkan. Selain itu, pengetahuan guru dan kemampuan guru untuk mengetahui kondisi peserta didik juga menjadi hal yang wajib dikuasai oleh setiap guru sehingga guru dapat mengukur dan mengatur sejauhmana metode pembelajaran, penyampaian materi dan hasil belajar peserta didik. Dari sisi peserta didik, kesiapan untuk menerima pelajaran juga mempengaruhi peningkatan prestasi akademisnya. Selain itu, dorongan dan dukungan dari orang tua ikut berperan dalam peningkatan prestasi akademik, untuk itu diperlukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya peningkatan prestasi akademik kelas V SD negeri 2 Prambanan UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun 2016/2017 dan untuk menganalisis upaya-upaya yang dilakukan untuk peningkatan prestasi akademik kelas V SD Negeri 2 Prambanan UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun 2016/2017. Penelitian yang dilakukan dalam tesis menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berdasarkan temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau melalui bentuk hitungan lainnya. Hasilnya faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan prestasi akademi bisa dari faktor internal atau diri sendiri seperti kesehatan fisik, psikologi, minat, bakat sedangkan dari faktor eksternal atau dari luar, bisa disebabkan dari pengaruh pergaulan atau teman, peran guru, peran orang tua, kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, sarana dan prasarana pembelajaran.Upaya yang dilakukan SDN 2 Prambanan dalam meningkatkan prestasi akademik adalah dengan kerjasama antara lingkungan di rumah, di sekolah, dan dimasyarakat. Upaya yang dilakukan antara lain Peningkatan kompetensi Guru, Peningkatan Metode dan Sarana Pembelajaran, Menyelenggarakan program atau kegiatan yang mendukung seperti pendampingan guru, AMT, OBT, kegiatan keagamaan, tes minat dan bakat, kegiatan ekstrakurikuler, pemeriksaan kesehatan siswa, pertemuan orang tua siswa dan lainnya. Kata Kunci : Peningkatan, Prestasi Akademik

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:09
Last Modified: 02 Oct 2018 04:09
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item