PENINGKATAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBIASAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 NANGSRI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Purwaji, Antonius and Halim, Abdul and Hamid, Mudasetia (2017) PENINGKATAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBIASAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 NANGSRI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502874 ANTONIUS PURWAJI.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Siswa di SDN 2 Nangsri jumlahnya memenuhi namun angka absebsi siswa masih cukup tinggi, dimana nilainya mencapai 55 siswa padahal SDN 2 Nangri adalah salah satu sekolah negeri yang selalu menanamkan jiwa kedisiplinan kepada siswa melalui serangkaian pelaksanaan tata tertib siswa, namun masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib diantaranya tidak masuk tanpa pemberitahuan atau surat ijin (alpa), terlambat datang ke sekolah, tidak memakai kelengkapan seragam sekolah, sehingga perlu adanya peningkatan dalam menjalankan upaya pembiasaan tata terttib tersebut. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kegiatan peningkatan karakter anak melalui pembiasaan tata tertib di SD Negeri 2 Nangsri UPTD Pendidikan Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, untuk mengetahui upaya peningkatan karakter anak melalui pembiasaan Tata Tertib di SD Negeri 2 Nangsri UPTD Pendidikan Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil pembahasan dan analisis dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa strategi yang dilakukan sekolah dalam rangka membentuk pembiasaan siswa melalui pelaksanaan tata tertib di SDN 2 Nangsri yaitu dengan keteladanan, pembiasaan, komunikasi, pelatihan, serta pemberian reward/ hadiah dan punishment/ hukuman. Dalam melakukan strategi tersebut masih ditemui kendala-kendala diantaranya kurangnya kesadaran diri dari masing-masing siswa, pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pergaulan, kurangnya pengawasan dan pembiasaan disiplin dari orang tua, minimnya pengetahuan siswa terhadap tata tertib siswa, serta kurangnya hubungan interpersonal antara konselor serta wali kelas dengan siswa terutama siswa yang bermasalah. Upaya mengatasi kendala yang dialami yaitu mengajak orang tua siswa bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mengontrol perilaku siswa, pembiasaan disiplin dari orang tua ketika di rumah, meningkatkan kinerja tim tata tertib dibantu guru piket dan kepala sekolah, penindaklanjutan administrasi piket dengan mengumpulkan data-data selengkap mungkin, serta meningkatkan hubungan interpersonal antara guru serta wali kelas dengan siswa yang bermasalah Kata Kunci : Karakter Anak, Pembiasaan Tata Tertib

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:17
Last Modified: 02 Oct 2018 04:17
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item