STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI BENDAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Marsudi, Marsudi and Halim, Abdul and Hamid, Mudasetia (2017) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI BENDAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502882 MARSUDI.pdf

Download (353kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan SDN Bendan UPTD Pendidikan Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten adalah kurang maksimalnya peran guru terhadap penyelenggaraan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kenyataannya keberadaan guru belum maksimal dan efektif dalam peningkatan mutu pendidikan, karena guru lebih cenderung dituntut menghabiskan target materi dan target nilai ujian nasional. Akhirnya guru kurang menyentuh proses manajemen peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan dan belum sesuai dengan peran dan fungsinya untuk membantu kepala sekolah dalam manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembinaan profesional guru di SD Negeri Bendan Manisrenggo, Klaten, dan untuk mengetahui strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pembinaan profesional guru di SD Negeri Bendan Manisrenggo, Klaten. Metode penelitian tentang strategi peningkatan mutu pendidikan melalui pembinaan profesional guru di SD Negeri Bendan Manisrenggo, Klaten ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif. Kegiatan peningkatan mutu pendidikan di SDN Bendan sudah dilakukan namun masih ditemukan hambatan misalnya perubahan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan terutama yang berkaitan dengan kurikulum, motivasi guru yang masih rendah, faktor etos kerja yang lebih cenderung formalitas kurangnya kesadaran untuk bekerja secara berkualitas, faktor kurangnya rasa tanggung jawab, faktor lemahnya pemantauan supervisi dan evaluasi, faktor kurangnya pembinaan berkelanjutan baik oleh kepala sekolah maupun dari dinas pendidikan /pengawas, faktor kurangnya kepedulian terhadap kondisi siswa/ lingkungan (kurang responsif terhadap permasalahan yang terjadi). Alternatif Strategi SO dengan pembinaan berkelanjutan, meningkatkan keikutsertaan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, meningkatkan peran komite sekolah; Alternatif Strategi WO dengan pembinaan berkelanjutan dari sekolah, meningkatkan kompetensi siswa, meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler; Alternatif Strategi ST dengan melakukan pendekatan dengan warga masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan citra yang baik bagi SDN Bendan, dibentuk paguyuban orang tua siswa setiap kelasnya, mengikuti sosialisasi mengenai regulasi pemerintah di bidang pendidikan. Alternatif Strategi WT dengan peningkatan mutu pendidikan SDN Bendan dengan peningkatan mutu pendidikan disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), peningkatan kompetensi guru, peningkatan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Mutu Pendidikan, Pembinaan Profesional Guru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:41
Last Modified: 02 Oct 2018 04:41
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item