STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN SISWA MELALUI FASILITAS LABORATORIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 1 PACITAN

Waluyo, Sapto and Wening, Nur and Suhartono, Suhartono (2017) STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN SISWA MELALUI FASILITAS LABORATORIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 1 PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151202812 SAPTO WALUYO.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Lalu bagaimana di dunia pendidikan, di dunia pendidikan juga telah mempersiapkan baik program-program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengadaan sarana prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dengan keterbatasan fasilitas dan tenaga guru yang memiliki disiplin ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi di Satuan Pendidikan khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) tanpa terkecuali SMP Negeri 1 Pacitan lalu bagaimanakah tingkat pelayanan siswa melalui fasilitas Laboratorium TIK yang ada di SMP Negeri 1 Pacitan. Untuk meningkatkan pelayanan siswa melalui fasilitas Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk itulah perlu diadakan penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah diskriptif, metode pengumpulan data primer dengan kuesioner dan sekunder data yang sudah ada pada lembaga SMP Negeri 1 Pacitan, (Profil Sekolah di Urusan Tata Usaha SMP Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2016/2017). Rencana pertanyaan (kuesioner) secara tertutup, rancangan skala dengan rasio, rencana alat analisa data kuantitatif. Metode pengambilan sample dengan probabilitas sampling convenient. Dari hasil temuan penilaian kualitas dari fasilitas dan pelayanan berdasarkan indikator tangibles, reliability, responsivness, assurance, empaty, memuaskan, dan dianalisa dengan SWOT (Strengths, Weaknes , Oppornutities, threats) dan faktor-faktor IFAS (Internal Factors Analisis Summary) dan faktor-faktor eksternal, EFAS (Eksternal Factors Analisis Summary), pembobotan/ rating maka diperoleh strategi yang paling dominan yaitu strategi Strengths Oppornutities (SO), menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya. Caranya adalah: 1. Memberikan kesempatan kepada guru/ instruktur untuk menggunakan Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai pusat penyelesaian tugas dan evaluasi siswa 2. Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar di Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi 3. Melakukan upaya-upaya perbaikan dan pengadaan fasilitas Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Oct 2018 05:46
Last Modified: 04 Oct 2018 05:46
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item