PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI JOHO KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Budiningsih, Siti Rahayu and Wening, Nur and Sutrischastini, Ary (2017) PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI JOHO KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151402867 SITI RAHAYU BUDININGSIH.pdf

Download (287kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Joho kecamatan Temanggung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Waktu penelitian bulan Agustus 2016. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan tes. Prosedur penelitian mulai dari perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Pada Pra Siklus nilai rata-rata kelas sebesar 63,70, pada Siklus I rata-rata kelas sebesar 70,83 dan siklus II nilai rata-rata 88,75. Peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 11,24%, dari siklus I ke Siklus II ada peningkatan 9,67% dan dari Pra Siklus ke Siklus II sebesar 20,91%. Jadi dengan menggunakan model pembelajaran diskusi maka terjadi peningkatan 20,91%. Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Joho kecamatan Temanggung dengan alasan pembelajaran lebih efektif dibanding sebelumnya. Siswa lebih termotivasi untuk bertanya, menemukan dan menjawab serta berdiskusi dengan rekan-rekannya untuk membahas permasalahan yang diberikan guru. Adapun rekomendasi yang diajukan dalam pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi adalah guru diharapkan lebih aktif mengawasi kegiatan diskusi yang dilakukan setiap kelompok agar benar-benar serius membahas persoalan yang telah diberikan guru. Selain itu guru juga memperhatikan perbedaan individual siswa dengan memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan agar sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa. Kata Kunci : Metode Diskusi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:07
Last Modified: 04 Oct 2018 06:07
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item