PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Permadi, Taat and Widayat, Wahyu and Sutrischastini, Ary (2017) PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151302902 TAAT PERMADI.pdf

Download (441kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penilaian kinerja guru SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara dalam melaksanakan penilaian proses pembelajaran tahun pelajaran 2015/2016 Subjek penelitian adalah guru-guru SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Instrumen utama penelitian ini adalah angket (kuisioner). Namun untuk melengkapi dan juga triangulasi dalam rangka validasi data, juga disusun dan digunakan instrumen lain berupa pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Data disajikan dalam bentuk tabel dengan persentase, kemudian dideskripsikan untuk diambil kriteria dan kesimpulan. Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik dengan skor 50,0% (22 responden). Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dilihat dari aspek pengelolaan kelas masuk dalam kategori cukup baik dengan skor 38,6% (17 responden), aspek penggunaan metode pembelajaran masuk dalam kategori tidak tepat dengan skor 31,8% (14 responden), aspek penggunaan media dan sumber belajar masuk dalam kategori tidak baik dengans kor 47,7% (21 responden). Sedangkan kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran di SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara masuk dalam kategori cukup baik dengan skor 45,5% (20 responden). Guru sebaiknya dalam perencanaan pembelajaran harus menyelesaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaan pembelajaran guru diharapkan kreatif dalam memanfaatkan sumber dan media pembelajaran. Sedangkan dalam metode pembelajaran, guru tidak hanya menggunakan metode ceramah, tetapi perlu mengadakan inovasi dan menyesuiakan dengan materi atau kompetensi yang diajarkan. Kata kunci : penilaian proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:24
Last Modified: 04 Oct 2018 07:24
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item