STRATEGI PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 2 SUDIMORO KABUPATEN PACITAN

Basuki, Teguh and Wening, Nur and Suhartono, Suhartono (2017) STRATEGI PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 2 SUDIMORO KABUPATEN PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151203005 TEGUH BASUKI.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 2 Sudimoro Kabupaten Pacitan. Penelitian dilakukan mulai bulan April 2016 hingga Nopember 2016 sejak penyusunan proposal hingga selesainya penyusunan laporan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian di perpustakaan SMP Negeri 2 Sudimoro Kabupaten Pacitan. Sampel penelitian sebanyak 74 orang dan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data secara statistik deskriptif melalui analisis SWOT. Berdasarkan hasil-hasil penelitian disimpulkan strategi SO menjadi alternatif strategi pelayanan dalam rangka meningkatkan minat baca siswa, meliputiupaya-upayasebagaiberikut: 1) Mengembangkan sistem pelayanan perpustakaan yang dinamis dan relevan dengan perkembangan IPTEK; 2) Mengembangkan daya tarik pengunjung melalui promosi perpustakaan; 3) Meningkatkan pembinaan minat baca di kalangan siswa secara intensif; 4) Mengembangkan pengadaan koleksi perpustakaan yang lengkap dan variatif serta memadai; 5) Mengembangkan akses internet dan media sosial di ruang perpustakaan; 6) Meningkatkan kepedulian siswa terhadap tata tertib di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:30
Last Modified: 04 Oct 2018 07:30
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item