PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL NUMBERING HEAD TOGETHER BERBENTUK MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Susirochjati, Etty and Wening, Nur and Sutrischastini, Ary (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL NUMBERING HEAD TOGETHER BERBENTUK MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151402864 ETTY SUSIROCHJATI.pdf

Download (497kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 6. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri Temanggung diperoleh data hasi belajar siswa dari 32 siswa, hanya 11 atau 34% yang mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dan sisanya 21 siswa (66%) nilai dibawah KKM. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan hasil belajar pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan model NHT berbentuk media kartu. Rumusan masalah “penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial rendah pada siswa kelas VII SMPN 6 Temanggung Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017”penelitian tindakan kelas ini menggunakan model NHT berbentuk media kartu yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII SMPN 6 Temanggung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 68,75% , perentase ketuntasan pada siklus II mencapai 87,5%. Hal ini menunjukan peningkatan hasil belajar IPS kompetensi keragaman sosial budaya dari kondisi awal ke kondisi akhir sebesar 53,50% berdasar .hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehinggga penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini melalui model NHT berbentuk kartu dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Kata kunci : hasil belajar, media kartu, IPS, NHT

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:20
Last Modified: 08 Oct 2018 08:20
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item