EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 DINAS PERIJINAN KABUPATEN BANTUL

Martana, Rumanta Paskah and Wening, Nur and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2017) EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 DINAS PERIJINAN KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151102936 RUMANTA PASKAH MARTANA.pdf

Download (623kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah evaluasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat di Dinas Perijinan Kabupaten Bantul. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang diperoleh digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan hasil evaluasi penerapan Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di Dinas Perijinan Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni: (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi. Pemilihan responden menggunakan teknik random sampling dan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Dari ke tiga jenis survei yang dilakukan yaitu Survei Harian, survei Indek Kepuasan Masyarakat dan survei Lima Dimensi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Dinas Perijinan Kabupaten Bantul dalam katagori Baik. Hal ini dapat di lihat dari hasil survei sebagai berikut :(1) Hasil survei harian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan tinggi (96,96%).(2) Hasil survei Indek Kepuasan Masyarakat disimpulkan bahwa: (a) Mutu pelayanan yang diberikan termasuk dalam kategori “baik”. (b) Kinerja pelayanan termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil Survei IKM yang dilakukan dalam penelitian ini dengan 130 orang responden didapatkan hasil sebesar 78,88. (3) Hasil survei 5 Dimensi menunjukkan bahwa Gap secara keseluruhan semakin rendah nilainya (0,56), dengan nila rata-rata masing-masing dimensi diatas 4,20 (masuk kategori sangat baik). Hal ini bermakna bahwa pelayanan Dinas Perijinan semakin mendekati (sesuai) dengan apa yang diharapkan customer. Kata kunci: SMM ISO 9001:2008, Kinerja, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:33
Last Modified: 08 Oct 2018 08:33
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item