Sutanto, Budi Setyo and Halim, Abdul and Widiastuti, Nur (2017) ANALISIS BEBAN KERJA PEGAWAI DI BANK BRI UNIT KETRO KANTOR CABANG PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151202929 BUDI SETYO SUTANTO.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Beban kerja seseorang sudah ditentukan dalam bentuk standar kerja perusahaan/organisasi menurut jenis pekerjaannya. Apabila sebagian besar pegawai / karyawan bekerja sesuai standar perusahaan , maka tidak menjadi masalah. Sebaliknya, jika karyawan bekerja dibawah standar maka beban kerja yang di emban berlebih. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dan mengidentifikasi beban kerja pegawai BRI Unit Ketro Kantor Cabang Pacitan sudah sesuai atau belum. 2. Untuk mencari alternatif solusi manajerial sehingga beban kerja pegawai BRI Unit Ketro Kantor Cabang Pacitan tidak berlebihan (overload). Analisis data dengan analisis deskriptif tanpa analisa SWOT, yaitu dengan menganalisis langsung beban kerja sesuai Job Description dan beban kerja yang sudah dilaksanakan selama ini. Jadi dalam analisis data akan disajikan data parameter kinerja per jabatan sesuai dengan rasio atau rumus perhitungan yang telah ditetapkan oleh Direksi BRI dan dibandingkan dengan kenyataan yang dihadapi di unit kerja sehari-hari. Teknik analisis data dengan langsung membandingkan antara rasio (rumus) dan keadaan beban kerja pegawai yang sebenarnya. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa terjadi beban kerja yang overload hampir di semua jabatan di BRI Unit Ketro. Beban kerja seorang Kepala Unit sudah sangat berlebih sehingga perlu adanya formasi Supervisor untuk menangani sebagian tugas Kepala Unit BRI. Beban kerja beberapa Mantri terjadi overload pada jumlah kelolaan outstanding Pinjaman walaupun kelolaan debitur (jumlah orang peminjam) sudah sesuai beban kerja yang ditetapkan Kantor Pusat BRI. Beban kerja berlebih juga terjadi pada posisi jabatan Teller dan Customer Service sehingga perlu penambahan secara definitif. Untuk mencapai beban kerja yang proporsional bagi pegawai BRI Unit pada umumnya dan BRI Unit Ketro khususnya, salah satu jalan keluarnya adalah pemenuhan formasi sesuai standar rasio pegawai. Sehingga tidak ada lagi pegawai dengan beban kerja yang overload. Maksimalisasi penggunaan E-Channel BRI juga diharapkan mampu mengurangi beban kerja pegawai, selain mengurangi antrian dan mempercepat transaksi bagi nasabah Bank BRI.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 08:36 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 08:36 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
View Item |