PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW KELAS IX SEMESTER GASAL SMP NEGERI 3 KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016/2017

Marwanti, Tri and Wening, Nur and Sutrischastini, Ary (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW KELAS IX SEMESTER GASAL SMP NEGERI 3 KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151402860 TRI MARWANTI.pdf

Download (354kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran JIGSAW bagi Siswa Kelas IX D SMP N 3 Kedu Kabupaten Temanggung Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Model pembelajaran yang dilakukan guru masih ceramah dan monoton sehinggga menyebabkan hasil belajar siswa masih ada beberapa anak dibawah KKM Prosedur Penelitian menggunakan tindakan kelas. Adapun ciri penelitian tindakan kelas adalah adanya siklus-siklus. Banyak siklus ada 2 yang tiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan Tindakan (apersepsi, kegiatan inti, dan penutup). 2) Pelaksanaan Tindakan. 3) Pengamatan Tindakan (hasil belajar dan proses belajar). 4) Refleksi. Model pembelajaran kooperatif type Jigsaw merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen dengan cara membentuk kelompok asal unruk diberi materi yang berbeda, kemudian masing-masing siswa yang mendapat materi sama membentuk kelompok ahli untukberdiskusi dan kembali kelompok asal untuk menerangkan pada temannya. Teknik pengumpulan data yaitu: Tes: bentuk tes tertulis, Non tes : pengamatan Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar kondisi awal sebesar 69 dan hasil belajar kondisi akhir/ setelah penelitian 83 hal ini ada peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Standar Kompetensi Usaha Mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas IX D semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 3 Kedu Temanggung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan lembar kerja dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Model Pembelajaran JIGSAW.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:46
Last Modified: 08 Oct 2018 09:46
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item