PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BORANGAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wasiti, Wasiti and Halim, Abdul and Hamid, Mudasetia (2017) PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BORANGAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502875 WASITI.pdf

Download (416kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

SD Negeri 2 Barongan juga telah dilakukan supervisi klinis dengan berbagai cara untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru dan hasil pengamatan dan pantauan awal yang dilakukan menunjukkan bahwa belum semua guru mempunyai gelar sarjana sehingga hal ini mempengaruhi kemampuan dan kinerja guru, masih menjumpai guru yang mengajar belum membuat rencana pembelajaran (RPP), hanya menggunakan metode ceramah dan jarang sekali yang menggunakan alat bantu pelajaran, melaksanakan penilaian dan tindak lanjut belum menggunakan format administrasi guru kelas yang ada. Tujuan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru-guru di SD Negeri 2 Borangan UPTD Pendidikan Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Jenis penelitian Penelitian tindakan sekolah adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah satuan pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada sekolah binaannya. Tujuan : untuk memecahkan masalah dan atau model pemecahan masalah dalam melaksanakan pengawasan di sekolah-sekolah binaannya. Model penelitiannya menempuh langkah : perencanaan tindakan – tindakan – observasi/ pengamatan – refleksi. Supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran adalah antara lain kinerja guru meningkat ketika membuat perencanaan pembelajaran, kinerja guru meningkat dalam melaksanakan pembelajaran, kinerja guru meningkat dalam meningkatkan pembelajarannya, kinerja guru meningkat dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian KBM, dimana berdasarkan supervisi klinis terjadi kenaikan nilai rata-rata pada pra siklus 72,47 diperbaiki pada siklus pertama menjadi 77,02 yang kemudian diperbaiki pada siklus kedua menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata 80,3 sehingga sudah terlihat guru melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sedaangkan Peran kinerja guru berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam penilaian pada supervisi klinis pada siklus pertana terlihat dari nilai rata-rata di pra siklus 72,47 yang kemudian meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata –rata 77,02 meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,3, hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesungguhan guru untuk meningkatkan kinerjanya dengan usaha meningkatkan kompetensinya. Upaya peningkatan Kinerja Guru yang telah dilakukan oleh SDN 2 Borangan adalah menyelenggarakan pelatihan atau workshop, Meningkatkan kegiatan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dan KKG (Kelompok Kerja Guru), melakukan rapat koordinasi rutin di sekolah, meningkatkan kreativitas dalam hal peningkatan media pembelajaran, meningkatkan kerjasama dengan orangtua siswa dan masyarakat dalam peningkatan kinerja guru dan mutu sekolah. Kata kunci : Supervisi Klinis, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:52
Last Modified: 08 Oct 2018 09:52
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item