PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KECEMEN, MANISRENGGO, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saputra, Dedi Rizkia and Halim, Abdul and Hamid, Mudasetia (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KECEMEN, MANISRENGGO, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502890 DEDI RIZKIA SAPUTRA.pdf

Download (538kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode role playing siswa kelas III SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya aktifitas belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 54 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 50% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 71% dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 76 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 85,7%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan. Kata kunci : hasil belajar IPS, metode pembelajaran role playing

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 10:02
Last Modified: 08 Oct 2018 10:02
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item