UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS JULI 2016 - FEBRUARI 2017 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BRAJAN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN

Lestari, Sri and Sutikno, Bayu and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS JULI 2016 - FEBRUARI 2017 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BRAJAN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151502880 SRI LESTARI.pdf

Download (482kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kualitas RPP masih kurang atau belum maksimal, namun Guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 1 Brajan UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten sudah memiliki RPP lengkap untuk 1 tahun pelajaran, akan tetapi RPP yang dimiliki para guru bukan buatan sendiri melainkan hasil foto copy dari guru lain atau hasil download dari internet. RPP yang dimiliki guru-guru hanya sebatas untuk kelengkapan administrasi. Hal ini terlihat dari ketidaksinkronan antara tema, materi ajar, silabus, dengan RPP yang ada serta tidak mencantumkan tanggal pelaksanaan. Dari hasil observasi terlihat RPP guru kelas VI pada 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA relatif cukup baik, hal ini disebabkan guru masih muda sehingga lebih dinamis menerima perubahan. Dalam situasi demikian, maka diperlukan suatu mekanisme supervisi pembuatan RPP di SDN 1 Brajan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kompetensi pedagogik guru dalam mengajar melalui Supervisi Pembuatan Rencana Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Negeri 1 Brajan UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten masih belum maksimal dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar melalui Supervisi Pembuatan Rencana Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Negeri 1 Brajan UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Metode penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan sekolah. Hasilnya penyebab pelaksanaan Supervisi Akademis untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dilaksanakan oleh SDN 1 Brajan masih belum optimal karena yaitu sulitnya mengubah mindset guru, guru lebih memilih download RPP dari internet, guru malas menyusun RPP, adaa anggapan RPP hanya untuk kelengkapan administrasi, masih kesulitan menentukan tujuan pembelajaran, kesulitan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran, penilaian pada Kurikulum KTSP rumit, belum tersedianya buku guru dan buku siswa. Alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut supaya terjadi peningkatan kualitas guru dalam penyususnan RPP tematik adalah rutin mengadakan pertemuan KKG (Kelompok Kerja Guru), melaksanakan supervisi akademik secara rutin, melakukan pendampingan guru dalam menyusun RPP, diklat kurikulum KTSP, memotivasi guru untuk lebih banyak belajar lewat berbagai media. Kata Kunci : RPP, supervisi

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:36
Last Modified: 09 Oct 2018 06:36
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item