PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN 2015

Sumarti, Titin and Gunanto, Endy and Subkhan, Muhammad (2015) PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN 2015. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
131902387 TINTIN SUMARTI.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di SMK Nawa Bhakti Kebumen, dapat berlangsung dengan baik didukung dengan banyak faktor, yang salah satunya adalah kinerja kerja guru. Di SMK Nawa Bhakti Kebumenyang memiliki 54 orang guru yang ini sering dijumpai kinerja guru sering tidak maksimal dalam proses mengajar, misalnya terkadang terjadi jam kosong atau tidak sesuai waktu yang ditentukan, ketidaksesuaian materi yang diajarkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kurangnya disiplin guru, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa dibeberapa mata pelajaran masih rendah dan lain-lain. Oleh karena itu kinerja guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk pendidikan, digunakan terutama untuk memotivasi guru agar mampu meraih prestasi kerja dalam melaksanakan pengajaran, baik secara perorangan maupun kelompok. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penyebab kinerja guru di SMK Nawa Bhakti Kebumen masih rendah belum sesuai dengan yang diharapkan dan untuk mengetahui cara- cara meningkatkan kinerja guru di SMK Nawa Bhakti Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya pada saat berlangsungnya penelitian melalui pengumpulan data yang kemudian diinter prestasikan satu sama lain sehingga diperoleh perumusan dan analisa terhadap masalah yang ada Kinerja Guru di SMK Nawa Bhakti Kebumen sebenarnya sudah baik, namun faktor unsur kualitas kerja, pengetahuan tentang pekerjaan dan inisiatif yang seringkali menyebabkan kinerja guru menjadi rendah, apalagi ditambah dengan kendala yang sering dihadapi antara lain guru kurang sharing dengan teman sejawatnya, sebagian guru belum menguasai IT, sarana prasarana yang kurang, guru dalam memberikan pelajaran tambahan belum optimal, dukungan orang tua dalam program pengembangan sekolah kurang optimal, motivasi guru kurang, masih ada guru yang enggan melanjutkan S2, lemahnya pemantauan supervisi dan evaluasi dan guru kurang profesional karena kurangnya diklat. Inilah yang terkadang membuat kinerja guru kurang baik. upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru di SMK Nawa Bhakti Kebumen berdasarkan analisis SWOT adalah meningkatkan kinerja berdasarkan kuantitas kerja, meningkatkan kinerja berdasarkan peningkatan kualitas kerja, peningkatan kinerja yang berhubungan dengan pengetahuan kerja, peningkatan kinerja guru berdasarkan peningkatan kreatifitas, peningkatan kinerja guru berdasarkan peningkatan kerjasama, peningkatan kinerja guru berdasarkan peningkatan inisiatif, peningkatan kinerja dengan peningkatan kualitas pribadi. Kata kunci : kinerja, kinerja guru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:05
Last Modified: 16 Oct 2018 07:05
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item