PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP GUNUNGKIDUL 2016

Purnama, Dwi and Widayat, Wahyu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2016) PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP GUNUNGKIDUL 2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142202672 DWI PURNAMA.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengukuran Kinerja Sekolah Menggunakan Balanced Scorecard Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Rongkop Gunungkidul 2016” Sebagai upaya peningkatan kinerja SMK Muhammadiyah 1 Rongkop Gununngkidul Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu, bila dilihat dari output dan outcome pada tahun ajaran 2015/2016 ini terdapat hasil bahwa perolehan nilai UN belum sesuai dengan yang diharapkan serta untuk tahun ini tidak ada satupun alumni SMK Muhammadiyah 1 Rongkop yang diterima di perguruan tinggi negeri, padahal indikator keberhasilan sebuah SMA/SMK salah satunya dengan banyaknya alumni yang diterima di perguruan tinggi negeri. Berdasarkan hasil observasi dapat dilihat bahwa kualitas output SMK Muhammadiyah 1 Rongkop berdasarkan hasil nilai rata-rata Ujian nasional dan outcame dalam hal ini yang dapat diterima di perguruan tinggi negeri belum sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Kondisi seperti ini merupakan indikasi bahwa SMK Muhammadiyah 1 Rongkop belum sesuai yang diharapkan untuk dapat menghasilkan output dan outcome yang diharapkan. Adapun permasalahan dalam tesis ini adalah kinerja SMK Muhammadiyah 1 Rongkop belum optimal. Pengukuran kinerja sekolah SMK Muhammadiyah 1 rongkop akan di ukur dengan pendekatan Balanced Scorecar dengan empat prespektif (1)Learning and Growth perspective Scorecard ; (2)Internal Business Process Perspective; (3) Customer perspective(Pelanggan) Balanced Scorecard; (4) Financial Perspective Scorecard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari Hasil pengukuran kinerja manajemen SMK Muhammadiyah 1 Rongkop berdasarkan empat prespektif Balanced Scorecarddidapatkan hasil untuk masing-masing prespektif sebagai berikut : Prespektif keuangan memperoleh kategori sangat baik Prespektif pelanggan memperoleh kategori sangat puas Prespektif proses bisnis internal memperoleh kategori baik. Prespektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh kategori sangat baik. Secara keseluruhan kinerja SMK Muhammadiyah 1 Rongkop jika diukur dengan empat prespektif Balanced Scorecard memperoleh nilai dalam kategori baik. Kata kunci ; Pengukuran kinerja, Balanced scorecard

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:09
Last Modified: 16 Oct 2018 07:09
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item