STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) 2006 DI SD NEGERI 1 SEMAMPIR KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Riyani, Elyin and Nahartyo, Ertambang and Mahsun, Mohammad (2016) STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) 2006 DI SD NEGERI 1 SEMAMPIR KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142102614 ELYIN RIYANI.pdf

Download (891kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan/ memformulasikan strategi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri 1 Semampir Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research).Field Research adalah riset yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan analisa kualitatif. Berdasarkan data yang dapat dikumpulkan melalui penelitian dan analisis data, serta uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam tesis ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa strategi implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) 2006 di SD Negeri 1 semampir kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016 yaitu : implementasi KTSP dilakukan melalui peningkatan pola pendidikan, dan mengajukan guru yang lebih muda ke Dindik. Pemilihan sumber daya manusia yang lebih potensial akan memudahkan SD Negeri I Semampir dalam mengarahkan pendidik menjadi lebih kreatif dan inovatif, menciptakan pendidikan modern di SD Negeri I Semampir menjadi salah satu strategi untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang menuntuk seluruh elemen untuk selalu berdekatan dengan teknologi yang memadai, mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai dari berbagai intansi baik dari tingkat sekolah kabupaten maupun propinsi untuk meminta bantuan beruoa sarana prasarana pendukung pembelajaran, memperbaiki model dan metode pembelajaran yang profesional dengan melakukan penggunaan metode belajar yang bervariati serta model pembelajaran yang inovatif, memperbaiki kemampuan SDM dalam bidak teknologi denagn mengikutkan pendidik dalam kegiatan workshop, pelatihan maupun kegiatan Kelompok Kerja Guru dalam rangka meningkatkan pembelajaran yang berbasis modern. Kata Kunci : Strategi implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:29
Last Modified: 16 Oct 2018 07:29
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item