Jatun, Jatun and Nahartyo, Ertambang and Mahsun, Mohammad (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE CERAMAH DENGAN MEDIA DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
142102606 JATUN.pdf Download (993kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Untuk menentukan strategi pengembangan Pembelajaran di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitianpenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan metode analisa data diskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diketahui Secara umum hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan menggunakan media, mampu meningkatkan kemampuan memahami materi dengan pokok bahasan fiqih dengan materi makanan dan minuman yang haram. Hal ini tampak dari peningkatan nilai rata-rata yang pada awalnya kemampuan siswa pada siklus I hanya 60,26, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 63,17, dan pada siklus III nilai rata- rata meningkat lagi menjadi 76,35. Peningkatan kemampuan memahami materi tersebut disebabkan karena adanya peningkatan perilaku siswa saat pembelajaran dari pratindakan ke tindakan siklus I, tindakan siklus II dan tindakan siklus III. Pada mulanya ketertarikan siswa pada pembelajaran fiqih masih rendah, dan siswa kesulitan merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Akan tetapi setelah menggunakan metode ceramah dengan menggunakan media rasa ketertarikan dan keaktifan siswa nampak mulai meningkat. Dengan adanya Metode ceramah dengan media dalam pembelajaran fiqih siswa mulai berani untuk mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun memberikan komentar atas materi yang sedang disampaikan oleh guru. Selain itu perilaku-perilaku siswa yang kurang mendukung juga sudah berkurang, adanya siswa yang gaduh, berbicara sendiri maupun berbicara dengan teman saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, maupun mengantuk saat mendapat penjelasan materi dari guru sudah tidak terlihat lagi. Kata Kunci : Upaya peningkatan pembelajaran, metode ceramah, media
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 07:32 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 07:32 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/575 |
Actions (login required)
View Item |