METODE PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN BELA NEGARA BAGI SISWA TK. B DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA HATI MAGELANG

Maria, Walangitan Zusana and Wening, Nur and Wikaningtyas, Suci Utami (2016) METODE PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN BELA NEGARA BAGI SISWA TK. B DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA HATI MAGELANG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142302637 WALANGITAN ZUSANA MARIA.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Metode konvensional dalam pengajaran Bela Negara harus diubah. Hal ini dilakukan supaya siswa tidak lagi merasa bosan dalam mengikuti pelajaran Bela Negara. Sebaliknya dengan metode baru siswa diharapkan lebih aktif tidak lagi hanya sekedar menerima informasi atau diceramahi guru, tetapi bisa memberikan informasi kepada teman-temannya. Dengan demikian, peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara holistik, bermakna, otentik, dan aktif. Cara pengemasan pengalaman belajar yang dirancang guru sangat berpengaruh terhadap kebermaknaan pengalaman bagi para peserta didik. Pengalaman belajar lebih menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penyebab program pendidikan bela negara bagi siswa TK. B di Taman Kanak-Kanak Permata Hati Magelang masih belum optimal dan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan program pendidikan bela negara bagi siswa TK. B di Taman Kanak-Kanak Permata Hati Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. PTK merupakan penelitian yang bersifat reflektif. Kegiatan penelitian berangkat dari permasalahan riil yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar, kemudian direfleksikan alternatif pemecah masalahnya dan ditindak-lanjuti dengan tindakan-tindakan nyata yang terencana dan terukur. Hasilnya diketahui kurang optimalnya program pendidikan bela negara di TK Permata Hati Magelang karena masih terkendala kompetensi Guru terhadap pendidikan Bela Negara masih kurang serta sarana dan prasarana pendidika Bela Negara masih kurang juga. Belum optimalnya pembelajaran juga berdampak pada kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi karena siswa belum serius dalam memperhatikan teman yang tampil, sehingga perlu ditingkatkan lagi kreativitas metode pembelajarannya, dan hal ini terlihat kenaikan nilai setiap siklusnya, dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa 63,07. Selanjutnya pada siklus II penelitian perbaikan pembelajaran difokuskan pada pengoptimalan metode bermain dan praktek. Selama proses pembelajaran, siswa tampak lebih pro aktif, hasil rata – rata siswa pun meningkat sebesar 74,20. Sampai pada perbaikan pembelajaran siklus II, masih ditemukan beberapa siswa dalam satu kelas yang belum berhasil mencapai nilai berkembang sesuai harapan. Hal ini disebabkan karena siswa tingkat pemahaman siswa terhadap aspek afektif masih cukup kurang. Langkah-langkah pengembangan program pendidikan Bela Negara bagi siswa TK. B Di Taman Kanak-Kanak Permata Hati Magelang yang bisa dikembangkan berdasarkan pendapat narasumber adalah Guru harus lebih banyak belajar mengenai pendidikan Bela Negara dengan mengikuti workshop, penlatihan, kemudian mengkreatifkan metode pembelajarannya untuk mengatasi kendala sarana dan juga supaya siswa lebih tertatik dan mudah untuk memahami. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, pendidikan, Bela Negara

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 01:30
Last Modified: 22 Oct 2018 01:30
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item