STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MA’HAD ALY AL MUHSIN KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA

Jalil, Abd and Sutikno, Bayu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2016) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MA’HAD ALY AL MUHSIN KRAPYAK WETAN BANTUL YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
141102542 ABD JALIL.pdf

Download (499kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Ma’had aly adalah perguruan tinggi keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam ( tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok Sejak awal tahun 1980-an kyai sepuh NU yang alim banyak yang wafat, sementara generasi baru yang siap menggantikan posisi keagamaan dan kemasyarakatan belum juga muncul. Pada saat yang sama masyarakat berkembang begitu cepat dan tantangan yang harus dihadapi generasi baru juga semakin kompleks. Situasi demikian menimbulkan keperihatinan yang mendalam bagi kalangan ulama’’ NU dan pesantren. Pada akhirnya didirikan ma’had aly yang pertama kali di Pondok Pesantren Salafiyyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur dengan program takhassus fiqh dan ushul fiqh ( Fiqh wa ushuluhu ). Ma’had Aly Al Muhsin merupakan bentuk lembaga yang tranformatif dan alternatif sebagai lembaga penyempurna bagi proses pendidikan mahasiswa, terutama dalam aspek mental spiritul yang kurang tersentuh oleh lembaga formal. Sistem pendidikan Ma’had Aly Al Muhsin merupakan gabungan sistem klasik atau tradisional dan sistem modern, tetap mempertahankan kajian kitab klasik ( kitab kuning ) dan memasukkan kurikulum pendukung dengan kitab modern. Dalam perjalan Ma’had Aly Pesantren Al Muhsin mengalami pasang surut disebabkan berbagai hambatan Peningkatan mutu pendidikan Ma’had Aly Al Muhsin mutlak dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan. lemahnya perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan merupakan faktor utama yang dapat menghambat kemajuan bahkan dianggap penyebab kegagalan, oleh karena itu penyusun tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai strategi peningkatan mutu Ma’had Aly Al Muhsin Krapyak Wetan Bantul Yogyakarta. Formulasi strategi yang ditempuh adalah analisis lingkungan, baik lingkungan internal maupun ekternal dengan menggunakan analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dengan tetap memperhatikan visi dan misi Ma’had Aly Al Muhsin dan strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan kemajuan pendidikan ma’had aly. Hasil penelitian menunjukkan Ma’had Aly Al Muhsin berada pada kuadran I dilihat dari analisis SWOT 4-K. Dapat dilihat nilai perbandingan antara kekuatan dan kelemahan sangatlah tipis yaitu 0,45 Ma’had Aly Al Muhsin tetap harus waspada karena kelemahan cukup besar walaupun dibawah kekuatan yang dimiliki Ma’had Aly Al Muhsin. Dilihat dari faktor eksternal dimana berbandingan antar peluang dan ancaman selisih 0,65 maka ma’had aly harus mampu mengatasi ancaman dan pandai dalam memanfaatkan peluang demi Ma’had Aly Al Muhsin.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:01
Last Modified: 22 Oct 2018 02:01
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item