STRATEGI PENINGKATAN MUTU HASIL UJIAN NASIONAL DI SMP NEGERI 22 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

Sukmonohadi, Bambang and Sutikno, Bayu and Priyastiwi, Priyastiwi (2016) STRATEGI PENINGKATAN MUTU HASIL UJIAN NASIONAL DI SMP NEGERI 22 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402683 BAMBANG SUKMONOHADI.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya mutu hasil ujian nasional di SMP Negeri 22 Purworejo serta merumuskan strategi apakah yang paling tepat untuk meningkatkan mutu hasil ujian nasional di SMP Negeri 22 Purworejo kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Purworejo, Kabupaten Purworejo. Pemilihan sasaran penelitian didasari pertimbangan bahwa semua guru yang berjumlah 38 orang, Kepala Sekolah dan siswa kelas VII - IX tersebut mempunyai peranan besar untuk menentukan strategi dalam pengelolaan sekolah untuk meningkatkan mutu hasil ujian nasional. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yaitu pada bulan Juni 2016 s.d. Agustus 2016. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah selaku manajer sekolah, pengurus komite selaku mitra kerja Kepala Sekolah dan pengembang sekolah dari masyarakat, semua guru dan pengurus OSIS sebagai perwakilan siswa, serta pengawas Dindikbudpora kabupaten Purworejo sebagai stakeholder. Berdasarkan pengolahan data Strategi Peningkatan Mutu Hasil Ujian Nasional di SMP Negeri 22 Purworejo terletak di kuadran I pada Strategi Matrik SWOT 4 Kuadran. Dengan demikian SMP Negeri 22 Purworejo seyogyanya menggunakan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada guna mencapai tujuan sekolah. Strategi utama yang perlu diambil untuk meningkatkan mutu hasil ujian nasional di SMP Negeri 22 Purworejo adalah: melakukan strategi agresif dengan kebijakan peningkatan kualitas SDM secara profesional untuk menumbuhkan kepercayaan dengan prinsip link and match, melakukan perubahan dengan mengusahakan keseimbangan antara pengelola dengan siswa, mengurangi friksi, dan menjalin jalinan kerja sama yang baik/meminimalkan kelemahan-kelemahan yang dimiliki, melakukan diversifikasi dengan menciptakan jaringan kerja antar lembaga pendidikan, pengusaha, dan masyarakat. Kata Kunci : Strategi, Mutu, Ujian.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:32
Last Modified: 22 Oct 2018 02:32
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item