Rahutami, Dewi and Wening, Nur and Akhmad, Jazuli (2016) PENERAPAN QUANTUM TEACHING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI-IPA SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
142402698 DEWI RAHUTAMI.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran kimia di kelas XI program IPA merupakan mata pelajaran yang banyak melibatkan perhitungan, penalaran berdasarkan data hasil percobaan.. Dari pengalaman mengajar selama ini, kami melihat masih banyak siswa yang mempunyai nilai prestasi relatif rendah, dan banyak siswa yang masih menemui kesulitan serta pemahaman dalam belajar kimia terutama materi yang melibatkan perhitungan dan data hasil percobaan. Padahal materi ini harus benar-benar dikuasai siswa karena kimia merupakan materi yang di ujian nasional kan dan mendukung pemahaman materi kimia selanjutnya karena saling keterkaitan. Untuk itu guru perlu memberikan metode pembelajaran yang tepat dan mendukung pemahaman siswa tersebut. Perumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kimia di SMA kelas XI-IPA menggunakan metode Quantum Teaching sehingga berdampak pada peningkatan minat belajar siswa dan mampu meningkatkan prestasi/ ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2016. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laju Reaksi yang diberikan di kelas XI semester 1. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Analisis dilakukan berdasarkan Analisa Siklus yaitu dengan membandingkan prosentase ketuntasan nilai/ hasil evaluasi belajar sebelum menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching (pra siklus) dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching (siklus 1 dan siklus 2). Kenaikan. Prosentase kegiatan prasiklus atau sebelum diterapkan metode pembelajaran yang diteliti, jumlah siswa yang tuntas adalah 60,93%, setelah penerapan metode Quantum Teaching pada siklus pertama telah mengalami peningkatan yang cukup baik dibandingkan prasiklus yaitu ketuntasan mencapai 71,80%. Pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas mengalami kenaikan menjadi 81,30%. Kenaikan prosentase secara signifikan menunjukkan peningkatan prestasi belajar kimia siswa. Dari hasil analisa dan pengamatan peneliti maka dapat di simpulkan bahwa Penggunaan metode pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran kimia mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas XI Program IPA SMA Negeri 3 Purworejo.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 02:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 02:45 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/615 |
Actions (login required)
View Item |