PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kaminah, Kaminah and Lantara, I Wayan Nuka and Zuraida, Lukia (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402704 KAMINAH.pdf

Download (359kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1 Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi, partisipasi, dan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang digunakan dalam perbaikanini adalah menggunakan media pembelajaran serta metode pengamatan, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, dan tugas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk mengukur motivasi/minat siswa dilakukan dengan menggunakan pengamatan. Sedangkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diberikan, setiap akhir siklus digunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar yang tinggi pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka pada tahap pra siklus adalah 23,5%, dan meningkat menjadi 47,1% pada siklus I dan II. Pada materi pengukuran berat, siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 41,2%, dan meningkat menjadi 64,7% pada siklus I dan II. Pada materi bangun datar siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 23,5%, meningkat menjadi 41,2% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,4%. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka rata-rata kelas pembelajaran pra siklus adalah 69,71 kemudian meningkat menjadi 75,88 pada siklusI, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,76. Ketuntasan siswa pada tahap pra siklus adalah 29,4%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 52,9% dan pada akhir siklus II menjadi 76,5%. Pada materi pengukuran berat, nilai rata-rata pra siklus 70,88 setelah siklus I menjadi 74,41dan setelah siklus II menjadi 80%. Siswa yang tuntas pada pra siklus adalah 47,1%, kemudian meningkat menjadi58,8% setelah siklus I, dan setelah siklus II menjadi70,6%. Dan pada materi bangun datar, nilai rata-rata pra siklus adalah 69,12 setelah siklus I menjadi 75,59 dan setelah siklus II menjadi 82,65. Siswa yang tuntas pada pra siklus 29,4%, kemudian meningkat 58,8 % setelah siklus Idan 94,1% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: media pembelajaran, hasil belajar, motivasi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:12
Last Modified: 22 Oct 2018 03:12
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item