EVALUASI KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016

Ariwibowo, Raden Nur and Suprihanto, John and Hamid, Mudasetia (2016) EVALUASI KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402784 RADEN NUR ARIWIBOWO.pdf

Download (488kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pelayanan PATEN di Kantor Kecamatan Lendah sudah sesuai dengan SOP (Standart Operation Procedure), hanya saja pelayanan masih belum optimal dikarenakan hanya pelayanan Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektonik) yang jadi kewenangan Dukcapil tetapi pada pelaksanaan pelayanan di Kantor Kecamatan Lendah dilakukan dengan loket yang sama antara petugas Dukcapil 1 orang dibantu dengan pegawai Kantor Kecamatan Lendah, namun pelayanan masih sering terlambat dikarenakan blangko habis, kemudian permasalahan yang lain adalah PATEN rekomendasi tandatangan oleh camat dan camat dapat mendelegasikan tanda tangan ke eselon 4 namun untuk Surat Keputusan atau SK masih belum ada, sehingga hal ini tentunya perlu untuk mendapat perhatian. Pada pelaksanaan PATEN di Kantor Kecamatan Lendah telah disebutkan bahwa terlaksananya pelayanan publik kepada masyarakat yang baik tidak bisa lepas dari peran pelaksana teknis (SDM aparatur/pegawai) PATEN, sehingga kinerja pegawai kantor Kecamatan Lendah diharapkan dapat mendukung terlaksananya PATEN dengan baik demi kepuasan masyakat. Tujuan Penelitian adalah untuk mengevaluasi kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo, dan untuk merumuskan upaya peningkatan kinerja pegawai diKantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menggambarkan (deskipsi) tentang keadaan tertentu secara obyektif yang didukung dengan data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan keterlibatan dengan obyek penelitian kemudian dibantu dengan metode rata-rata untuk menganalisis data. Hasilnya diketahui bahwa kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo merupakan wujud dari kemampuan dan keberhasilan suatu organisasi dalam melaksanakan kebijakan, program dan kegiatan sehubungan dengan penyelenggaraan tugas dan fungsinya. Dalam penelitian ini kinerja pegawai terutama dalam kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Lendah Kulon Progo dilihat dari indikator yaitu: Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas sudah dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada, walaupun masih perlu ada peningkatan kinerja pegawai. Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo adalah peningkatan kualitas perilaku dan keprofesionalan aparatur pemerintah. Peningkatan kualitas dan keprofesionalan aparatur pemerintah adalah salah satu strategi dalam menciptakan pelayanan PATEN yang baik kepada masyarakat. Kata Kunci : Kinerja, PATEN

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 07:58
Last Modified: 22 Oct 2018 07:58
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item