PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODA INKUIRI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 30 PURWOREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Widadi, Untung and Suprihanto, John and Nugraheni, Agusta Ika Prihanti (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODA INKUIRI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 30 PURWOREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402753 UNTUNG WIDADI.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran diperlukan peran guru sebagai fasilitator dan dapat menjadi pengatur dalam setiap kegiatan pembelajaran. Guru mengajar hanya menyampaikan sejumlah materi ajar yang harus dikuasai oleh siswa tanpa mengacu kepada proses terbentuknya pemahaman. Hasil pembelajaran IPA yang diperoleh siswa sebagian besar menunjukkan angka dibawah batas ketuntasan sehingga diperlukan perbaikan pada proses pembelajaran melalui metode yang melibatkan faktor kognitif dan faktor psikomotorik siswa yaitu metode inkuiri. Metode inkuiri lebih mengutamakan proses penemuan sendiri terhadap permasalahan yang diberikan oleh guru. Setelah melalui tahapan pembelajaran inkuiri terdapat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 47 % pada siklus I dengan rata-rata nilai 68 menjadi 73 % pada siklus II dengan rata-rata nilai 71. Persentase kenaikan nilai tersebut adalah sebesar 26 %. Dari hasil pengamatan pada metode inkuiri menunjukkan kemauan belajar yang meningkat dibandingkan metode konvensional, sehingga siswa memperoleh keterampilan dan tidak terjadi kesalahan konsep tentang pengukuran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: menyajikan Masalah; membuat hipotesis; merancang percobaan; menganalisa data dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:27
Last Modified: 22 Oct 2018 08:27
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item