UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VIII SMP NEGERI 25 PURWOREJO

Maiyanti, Ratna and Wening, Nur and Sofiati, Sofiati (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VIII SMP NEGERI 25 PURWOREJO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402693 RATNA MAIYANTI.pdf

Download (449kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar pembelajaran TIK menjadi suatu pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dilakukan dengan berbagai cara yang efektif, yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 25 Purworejo Kabupaten Purworejo untuk mata pelajaran TIK. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli 2016 sampai dengan Agustus 2016 Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Waktu penelitian mengacu pada tahun akademik SMP N25 Purworejo karena penelitian tindakan kelas membutuhkan suatu proses belajar mengajar yang efektif diruang kelas untuk beberapa siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Sampul yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik yang diambil dari peserta didik dari kelas VIII A sampai dengan VIII G dan dibagi menjadi tujuh kelompok yang terdiri dari 5 peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran meningkat. Hal itu dapat dilihat dari nilai presentase pada prasiklus adalah 40,00, siklus I 42,80, 57,10 dan 85,7, pada siklus II dan Siklus III. Rata-rata nilai tuntas adalah 40,00 di praiklus, meningkat menjadi 75,00 di siklus Ii dan meningkat lagi siklus III yaitu 87,5. Pembelajaran kooperatif tipe STAD relevan dengan pembelajaran konstektual. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok. Dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lebih menyenangkan. Kata Kunci : Aktivitas, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kooperatif.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:36
Last Modified: 22 Oct 2018 08:36
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item